Dark/Light Mode

Gempa di Sarmi, Mamberamo Raya, dan Mamberamo Tengah

BPBD Papua Belum Terima Laporan Dampak Gempa Hari Ini

Senin, 24 Juni 2019 17:56 WIB
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, William Manderi mengatakan, hingga kini belum ada laporan tentang dampak gempa yang terjadi di tiga kabupaten: Sarmi, Mamberamo Raya, dan Mamberamo Tengah, Senin (24/6).

“Belum dipastikan apakah ada kerusakan bangunan atau korban jiwa,” kata Manderi kepada Antara di Jayapura.

Baca juga : Mamberamo Tengah Papua Diguncang Gempa 5,2 SR

Manderi mengatakan, bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Sarmi, sudah disalurkan BPBD Sarmi. Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sarmi pada Kamis (20/6). Gempa ini menyebabkan 240 jiwa di dua kampung, kehilangan tempat tinggal akibat rumah yang mereka tinggali rusak.

Ada delapan rumah rusak di Kampung Togonfo, Distrik Iswari yang dihuni 12 KK atau 90 jiwa. Di Kampung Manukania, Distrik Ismari (pecahan dari Distrik Tor Atas) tercatat 26 unit rumah yang dihuni 150 jiwa atau 26 KK mengalami kerusakan, dari yang ringan hingga berat.

Baca juga : Kabupaten Sarmi Papua Kembali Diguncang Gempa, Belum Dilaporkan Adanya Gempa Susulan

Hari ini, Senin (24/6), BMKG Wilayah V Jayapura, mengeluarkan data tentang gempa yang terjadi di tiga kabupaten di Papua. Pertama, gempa 6 SR di Sarmi pada pukul 10.00 WIT, di Mamberamo Raya pada pukul 10.25 WIT, dan gempa 5,2 SR di Mamberamo Tengah pukul 14.15 WIT. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.