Dark/Light Mode

Kabupaten Sarmi Papua Kembali Diguncang Gempa, Belum Dilaporkan Adanya Gempa Susulan

Kamis, 20 Juni 2019 11:57 WIB
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Sarmi, Papua diguncang gempa berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) pada Kamis (20/6) pukul 11.59 WIT.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa tersebut terletak di darat, yang berjarak 18 km arah Barat Laut Sarmi.

Baca juga : Maluku Barat Daya Diguncang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa berkedalaman 15 km itu, dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III di Sarmi.  

Kepala Balai Besar Wilayah V Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar Lajur Anjak Mamberamo yang melintas di wilayah Kabupaten Sarmi.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Kebutuhan Uang Tunai, BJB Siapkan Dana Rp 9,17 T

"Hingga pukul 12.25 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan lain (after shock)," kata Petrus seperti dilansir Antara, Kamis (20/6).

Petrus mengimbau masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga : Nepal Berdarah, Tiga Ledakan Tewaskan 4 Orang

Informasi resmi seputar gempa bumi, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.