Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadhan, Kepala BPN Sidak Ke Pasar Bekasi

Sabtu, 2 April 2022 06:10 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi dan Ketua KADIN DKI Jakarta Diana Dewi . (Foto : Ist)
Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi dan Ketua KADIN DKI Jakarta Diana Dewi . (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memastikan stok berbagai kebutuhan pokok jelang maupun Ramadhan 1443 H di berbagai ritel, Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi sidak ke Toko Daging Nusantara di Jl. Kranggan Jatiraden Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (31/3)

Arief Prasetyo Adi yang dilantik sebagai Kepala BPN berdasarkan SK Presiden RI No. 7/M tahun 2022, menegaskan sidak yang dilakukannya adalah sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan ritel yang dikunjunginya secara acak memiliki stock kebutuhan pangan yang cukup untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

“Kami ingin memastikan bahwa harga daging, terutama daging kerbau masih stabil di kisaran Rp 80.000/kilo-nya sesui arah Presiden Joko Widodo. BPN juga ingin memastikan bahwa kebutuhan protein hewani masyarakat luas seperti produk bakso dan sosis berada dikisaran harga yang terjangkau,” ungkap Prasetyo Adi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4).

Baca juga : Hadirkan Keceriaan Anak di Bulan Ramadan, Tupperware Tampilkan Animasi Upin Ipin

Tingginya konsumsi daging selama bulan puasa, BPN lanjut Prasetyo Adi akan memonitor mobilisasi daging lokal dari sentra ternak seperti dari Sumbawa, Jawa tengah dan Jawa timur bisa cepat masuk bagi pasokan ke Jakarta, Bandung raya serta Banten.

Untuk memastikan stock kecukupan daging selama puasa dan hari raya Idul Fitri, BPN jelas Adi memastikan Indonesia juga akan mengimport daging sebanyak 20 ribu ton dalam waktu dekat dan dalam waktu berkala akan masuk stock daging lainnya hingga menjelang lebaran.

Saat disinggung terkait minyak goreng yang sempat langka dan harganya melambung, Prasetyo Adi menjelaskan bahwa semenjak Domestic Price Obligation (DPO) dicabut oleh Menteri perdagangan M Lutfi seharusnya retail modern telah memiliki stock minyak yang branded maupun untuk kemasan premium.

Baca juga : Jabebeka Gandeng MRT Tambah Sarana Transportasi Berbasis Kota

“Untuk yang minyak curah, seminggu pertama sebelum saat ini prosesnya adalah registrasi mengingat kementerian perindustrian memulai mengeluarkan peraturan menteri perindutrian No. 8/2022 mengenai minyak goreng curah. Registrasi di sistem, kemudian ada sistem namanya simirah memerlukan sosialisasi sehingga nanti profile produsen masuk kedalam satu sistem,”  jelas Prasetyo Adi.

Selama bulan suci ramadhan, BPN tandas Prasetyo Adi menghimbau agar masyarakat belanja secukupnya sehingga masyarakat lainnya juga tercukupi disaat membeli. Ketika rushing atau membeli tidak sesuai kebutuhan lanju Prasetyo Adi dipastikan akan mengganggu pembeli lainnya.

“Belanjalah secukupnya, tidak perlu panic buying mengingat barang-barang yang akan dibeli oleh warga selama ramadhan dipastikan memiliki stock yang memadai,” tandas Prasetyo Adi.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Stok Bahan Pokok Sampai Lebaran Aman, Harganya Terjangkau

Pada kesempatan yang sama, Ketua KADIN DKI Jakarta Diana Dewi yang menerima sidak Ketua BPN Arief Prasetyo Adi di Toko Daging Nusantara menuturkan bahwa momentum bulan suci ramadhan bukanlah waktu yang tepat untuk mencari keuntungan di sektor pangan.

“Saat ini para pengusaha ritel,buatlah harga se-rasional mungkin selama berlangsungnya bulan suci ramadhan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa terbantu ketika membeli berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang tidak terlalu tinggi yang ditetapkan oleh para pengusaha ritel,” tutur Diana Dewi.

Sebagai Ketua KADIN DKI Jakarta yang juga memiliki beberapa unit usaha ritel, Diana Dewi memastikan hingga hari raya stock daging dan berbagai kebutuhan pokok lainnya akan tercukupi dengan harga yang rasional. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :