Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jabebeka Gandeng MRT Tambah Sarana Transportasi Berbasis Kota

Jumat, 1 April 2022 20:07 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Jababeka Tbk dengan PT MRT Jakarta terkait pembangunan sarana transportasi berbasis kota.
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Jababeka Tbk dengan PT MRT Jakarta terkait pembangunan sarana transportasi berbasis kota.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jababeka Tbk bakal menambah pelayanan transportasi bagi penduduk di wilayahnya. Perusahaan pengembang kota mandiri ini bakal membangun stasiun perlintasan Mass Rapid Transit (MRT).

Direktur PT Jababeka Tbk. Sutedja Sidarta Darmono mengatakan,  pihaknya sepakat melakukan kerja sama bareng PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk membangun Fase 3 MRT.

"Rencana itu adalah barat sampai timur dari Balaraja sampai Cikarang. Nah di Cikarang itu adalah tempat kita (Jababeka) berada," kata Sutedja dalam keterangan pers dikutip Jumat (1/4 ).

Dijelaskan, Transit Oriented Development (TOD) yang dikembangkan di wilayah Jababeka saat ini bukan berbasiskan proyek. Namun berbasis kota atau TOD city. Kenapa demikian?

Baca juga : Jokowi Targetkan Tahun Ini Transformasi Digital UMKM Tembus 20 Juta

"Karena moda transportasi yang masuk ke Jababeka itu tidak cuma MRT tapi ada juga kereta api," imbuhnya.

Jababeka tak hanya berencana menambah layanan transportasi berupa MRT. Tapi juga Lintas Raya Terpadu (LRT) dari Jakarta. Bahkan Jababeka juga baru meresmikan stasiun  kereta api Cikarang.

"Jadi nanti ada LRT  juga ada kereta cepat dan juga monorel. Monorel ini lagi direncanakan juga," katanya.

Rencana tersebut sesuai konsep Jababeka yakni di wilayah seluas 5.600 hektar penduduknya diberikan layanan transportasi publik yang nyaman. Nanti dari setiap stasiun tersebut akan ada angkutan penumpang atau feeder yang menjangkau langsung ke tempat penduduk. Antara lain seperti angkutan umum, ojek, dan sebagainya. "Itu nanti yang akan terkoneksi di setiap titik stasiun," katanya.

Baca juga : Jaga Kebhinekaan, Relawan Bangun Rumah Ramah Sobat Erick Di Lampung

Pihaknya belum bisa memastikan kapan fase 3 MRT ini akan dibangun di kawasan Jababeka. Hal ini bergantung dari MRT. Namun dia menegaskan bahwa Jababeka selalu siap dalam bekerja sama untuk membangun layanan transportasi publik.

"Kita siap untuk membantu pengembangan MRT kapanpun dibutuhkan di Cikarang," tegasnya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menambahkan, kerja sama ini akan melingkupi pembahasan atau pertukaran informasi terkait penyediaan lahan untuk pembangunan stasiun di jalur timur—barat MRT (Cikarang—Balaraja).

Termasuk pengembangan kawasan TOD, dan potensi investasi mixed use oleh PT Jababeka. Bahkan sampai pengelolaan sampah di kawasan TOD dan Stasiun MRT oleh PT Jasa Sarana. "Pengembangan jaringan MRT Jakarta kedepannya akan banyak merangkul berbagai pihak, tidak lagi mengandalkan single donor," ujar William.

Baca juga : Aksi Nyata Dukung G20, Pertamina Lakukan Transisi Energi

Oleh karena itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) membuka kesempatan kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dalam membangun dan mengembangkan jaringan MRT. Rencananya nota kesepahaman dengan PT Jababeka Tbk. akan berlangsung selama dua tahun ke depan dan dengan PT Jasa Sarana akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

Seperti diketahui, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Jababeka Tbk sepakat untuk menjajaki kerja sama terkait pembangunan Fase 3 MRT trase timur—barat (Cikarang—Balaraja) dan pengembangan kawasan berorientasi transit di wilayah Jawa Barat—Bekasi (Jababeka).

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dan Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk Tjahjadi Rahardja, serta Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Sidarta Darmono. Penandatanganan disaksikan oleh Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono, dan Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud.  

Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Jasa Sarana terkait penjajakan kerja sama rencana pengusahaan transportasi massal berbasis rel, pengembangan kawasan, dan pengelolaan sampah terintegrasi di kawasan stasiun dan TOD MRT. Penandatanganan juga dilakukan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dan Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.