Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ngabuburit Hari Pertama, Ganjar Bedah Rumah Warga Dan Nengokin Anak Yatim

Senin, 4 April 2022 07:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi rumah warga yang menerima bantuan rehab rumah dari Baznas Jateng sebesar Rp 20 juta, Minggu (3/4). (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi rumah warga yang menerima bantuan rehab rumah dari Baznas Jateng sebesar Rp 20 juta, Minggu (3/4). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama puasa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunggu datangnya waktu berbuka alias ngabuburit, dengan menyambangi warga miskin dan anak yatim. 

Dua warga Semarang, Slamet Muryono (warga Mangkang) dan Sukanah (warga Tanjung Mas) pun mendapat berkah. Mereka mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH), yang bersumber dari Baznas Jateng. Nilainya, masing-masing Rp 20 juta.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali dapat bantuan dari Pak Ganjar. Saya tidak mengira, dapat bantuan bedah rumah di hari pertama puasa. Mudah-mudahan manfaat,” kata Slamet.

Baca juga : Sambut Ramadan, Demokrat DKI Santuni Anak Yatim

Ucap syukur juga terlontar dari Sukanah. “Bersyukur sekali, alhamdulillah. Terima kasih pak Ganjar,” ujarnya.

Sementara puluhan anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan Al-Jannah Tugurejo, menyambut kedatangan Ganjar dengan antusias.

Mereka begitu bahagia, karena mendapat kejutan dari Ganjar di pertama puasa.

Baca juga : PUPR Habiskan Rp 46 Miliar Permak Rumah Warga Di Kawasan Wisata

"Senang sekali, awal puasa didatangi Pak Ganjar. Pak Ganjar orangnya seru. Asyik sekali. Tadi ngobrol banyak. Dikasih wejangan. Ditanyain, sudah vaksin apa belum. Ya, bisa sedikit mengobati rasa rindu sama orangtua,” ungkap Maharani, salah satu penghuni panti.

Tiap tahun, Ganjar memang ngabuburit dengan membantu masyarakat. Tahun lalu, dia keliling sepedaan mendatangi panti asuhan, setiap sore. Membantu masyarakat miskin dengan bantuan rehab RTLH dan lainnya.

“Sebenarnya, tiap tahun saya ada kegiatan ini. Bedanya, kalau tahun kemarin sepedaan, sekarang saya belum bisa. Kita biasanya keliling. Membuka daftar masyarakat yang dulu pernah usul bantuan dan belum terealisasi, sekarang kita realisasikan,” papar politisi PDIP ini.

Baca juga : Diterpa Angin Kencang, Belasan Rumah Warga Di Mojokerto Rusak

Ganjar menuturkan, ia akan merutinkan program ini selama satu bulan. Bantuan rehab RTLH, sembako untuk panti asuhan, panti sosial, dan bantuan-bantuan lainnya, akan digencarkan.

“Kami juga akan carikan sumber lain, di luar anggaran pemerintah. Hari ini dari teman-teman Baznas, kita salurkan ke warga. Nanti sambil jalan, kita kumpulkan juga dari banyak masyarakat yang mau bantu,” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.