Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FDTJ Usul Integrasi Tarif Angkutan Umum DKI Diperluas Hingga Bodetabek

Jumat, 3 Juni 2022 20:35 WIB
Aplikasi integrasi antarmoda Jaklingko. (Foto: Istimewa)
Aplikasi integrasi antarmoda Jaklingko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) Adrianus Satrio Adi Nugroho mengusulkan tarif integrasi antarmoda di Ibu Kota melalui JakLingko dapat diperluas hingga layanan bus sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), termasuk kawasan perumahan.

Menurut Satrio, perluasan layanan tarif integrasi ini akan membuat masyarakat khususnya dari kawasan penyangga dapat beralih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Saat ini, Komisi B DPRD DKI Jakarta masih membahas usulan dari Pemerintah Provinsi DKI soal tarif integrasi tiga moda, yakni TransJakarta, MRT dan LRT Jakarta sebesar Rp 10 ribu untuk mendukung kemudahan mobilitas warga Ibu Kota.

Baca juga : Industri Pelayaran Ngarep Tarif Angkut Di Sektor Energi Bisa Naik

"JakLingko punya kesempatan untuk mengintegrasikan layanan dengan non DKI, ke depannya dengan JRC. Misalnya, hingga layanan perumahan sehingga masyarakat akan lebih terpacu menggunakannya (transportasi umum)," kata Satrio seperti dikutip Antara, Jumat (3/6). 

Satrio yang merupakan anggota Komisi Hukum dan Hubungan Masyarakat Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menilai, keuntungan dengan adanya tarif integrasi ini, selain lebih terjangkau, juga memberi kepastian bagi masyarakat.

Aplikasi JakLingko akan memberikan rekomendasi dan pilihan transportasi yang terjangkau dan tercepat kepada pengguna. Dengan begitu, pengguna mendapat kepastian soal biaya transportasi yang akan dikeluarkan.

Baca juga : Mahfud Ikut Diserbu Netizen

Di sisi lain, fasilitas dan penggunaan aplikasi JakLingko ini juga harus disosialisasikan secara luas agar tidak hanya memberi keuntungan kepada pengguna transportasi umum tetapi juga pengguna baru transportasi umum.

"Kami berharap dapat disosialisasikan ke seluruh masyarakat, tidak hanya komunitas, akademisi, dan lembaga. Semua harus tahu bahwa ada tarif baru yang terjangkau dan mungkin membantu mengurangi pengeluaran bulanan," kata dia. (DRS)

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.