Dark/Light Mode

PMI Butuh 1.200 Kantong Darah Per Hari

Milenial, Yuk Donor Darah!

Kamis, 16 Juni 2022 07:30 WIB
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi menggelar kegiatan Gebyar Donor Darah. (Foto: PMI DKI JAKARTA).
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi menggelar kegiatan Gebyar Donor Darah. (Foto: PMI DKI JAKARTA).

 Sebelumnya 
Sasaran ASN

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyediaan Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengikuti donor darah yang dilakukan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Selasa (14/6). Ratusan kantong disiapkan untuk donor darah ini.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan, pihaknya rutin menggelar donor darah. Kegiatan serupa akan dilakukan pada November mendatang.

“Ini khusus menyasar ASN dan PJLP. Tapi di luar, sering sekali PMI Jakarta Selatan mengadakan donor darah,” terangnya.

Donor darah tersebut merupakan upaya memenuhi kebutuhan darah di Jakarta Selatan. Terlebih, setiap hari dibutuhkan ribuan kantong untuk mereka yang membutuhkan.

“Kami adakan agar persediaan darah benar-benar cukup. Info dari PMI, per harinya membutuhkan 1.200 kantong darah. Artinya, kami harus mencari terus,” ujar Munjirin.

Dia berpesan kepada warga yang belum pernah mendonor, untuk ikut berperan serta demi kepentingan kemanusiaan.

Untuk diketahui, peserta donor darah bisa datang setiap saat ke kantor Unit Transfusi Darah PMI DKI Jakarta. Pelayanan dibuka setiap hari selama 24 jam.

Selain itu, untuk lebih memudahkan akses masyarakat mengetahui stok darah, PMI DKI Jakarta menyediakan aplikasi ponsel berbasis android bernama Jakblood.

Di Jakblood, data stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, hingga UDD tingkat kota diperbarui setiap harinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya