Dark/Light Mode

DKI Butuh 1.300 Kantong Darah Per Hari

PMI: Yuk Kita Donor Setelah Buka Puasa

Rabu, 30 Maret 2022 07:30 WIB
Petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor. Aksi donor darah tersebut digelar untuk membantu kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. (ANTARA FOTO/Rahmad/wsj).
Petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukkan kantong berisi darah pendonor. Aksi donor darah tersebut digelar untuk membantu kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. (ANTARA FOTO/Rahmad/wsj).

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) mengimbau warga Ibu Kota tetap melakukan donor darah selama bulan suci Ramadan. Sebab, kebutuhan darah tinggi selama pandemi Covid-19.

PMI mencatat, setiap hari Ibu Kota membutuhkan hingga 1.300 kantong darah. Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kantong darah. Seperti, menggelar kegiatan donor darah di lembaga pendidikan hingga pusat keramaian.

Rustam mengimbau, warga tetap mendonasikan darah di bulan Ramadan guna menjaga ketersediaan stok darah. Donasi darah bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Baca juga : Ketua Harian APKLI: Kembalinya PKL Tanda Ekonomi Telah Pulih

“Donor darah tidak dilarang. Malah dianjurkan. Nanti pada bulan puasa kami buka donor darah pada saat setelah berbuka atau shalat tarawih,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Rustam mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 jumlah pendonor semakin berkurang. Dia telah meminta Wali Kota di Jakarta untuk mengarahkan jajarannya agar donasi darah.

PMI DKI Jakarta berencana membuka gerai donor darah di Jakarta International Stadium (JIS) saat berlangsungnya event atau setiap akhir pekan. Dijelaskan Rustam, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mewujudkan rencana tersebut.

Baca juga : 1.000 Pelancong Dari Luar Negeri Dikarantina Di Hotel Jakbar

“Apakah event olahraga atau musik. Kami akan buka layanan donor,” katanya.

Tidak sekadar menyediakan layanan donor darah, keberadaan gerai itu nanti akan dimaksimalkan untuk kampanye kemanusiaan sesuai program PMI. Sehingga, masyarakat yang datang ke JIS akan teredukasi pentingnya donor darah dan aksi kemanusiaan PMI.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rizal menuturkan, selama ini pihaknya memasok 100 sampai 200 kantong darah per hari untuk memenuhi kebutuhan di Ibu Kota. Dia mengingatkan pentingnya ketersediaan darah terutama bagi warga yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga : KOI: Merah Putih Harus Segera Berkibar Lagi

“Setiap hari kebutuhan darah di DKI Jakarta sebanyak 1.300 kantong dan Jakarta Utara bisa menyuplai sekitar 100 sampai 200 kantong darah,” katanya di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.