Dark/Light Mode

DKI Imbau Pengunjung Dukuh Atas Nggak Buang Sampah Sembarangan

Sabtu, 30 Juli 2022 22:50 WIB
Pengunjung kawasan Dukuh Atas diberikan sanksi menyapu karena ketangkap tangan membuang sampah sembarangan. (Foto: Istimewa)
Pengunjung kawasan Dukuh Atas diberikan sanksi menyapu karena ketangkap tangan membuang sampah sembarangan. (Foto: Istimewa)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terus menggelar sosialisasi untuk meningkatkan kepedulian warga yang berkunjung di kawasan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, Jakarta Pusat, dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Berdasarkan pantauan, belasan anak-anak remaja berkeliling memungut sampah dan dimeriahkan pula dengan penampilan atraksi seni di kawasan TOD Dukuh Alas. Kegiatan ini dilakukan untuk mengampanyekan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan mengatakan, sejak kemunculan keramaian di kawasan TOD Dukuh Atas sudah menggelar sosialisasi kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

"Kami menggelar operasi tangkap tangan secara simpatik kepada pengunjung di kawasan TOD untuk mengedukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan," ujar Yogi Ikhwan, ditemui di kawasan TOD Dukuh Atas, Sabtu (30/7). 

Ia mengungkapkan, tidak ada sanksi denda bagi pengunjung di kawasan TOD Dukuh Atas yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Sanksi yang dikenakan yakni menyapu jalanan. 

"Alhamdulilah, hari pertama, kedua dan ketiga sosialisasi digelar, volume sampah yang diangkut di jalan menurun dari 14 menjadi tujuh dan seperempat meter kubik sampah diangkut dari jalanan di kawasan TOD Dukuh Atas. Sosialisasi efektif mengingatkan pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan,"  paparnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan sejumlah komunitas untuk mengampanyekan kepada pengunjung di kawasan TOD Dukuh Atas agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Pengunjung sudah mulai sadar membawa pulang atau mengantongi sampah ke rumah masing-masing," tuturnya. 

Sementara salah satu pengunjung dari komunitas Bytse, Naomi berharap warga yang berkunjung di kawasan TOD Dukuh Atas semakin sadar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

"Semoga pengunjung di sini semakin sadar akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya. ■

Baca juga : Ngemplang Pajak 2 Tahun, Kendaraan Dianggap Bodong

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.