Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemprov DKI Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik

Selasa, 21 Juni 2022 17:31 WIB
Pemprov DKI Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung program daur ulang sampah plastik untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, sampah adalah masalah terbesar di seluruh dunia. Penanganan sampah tidak bisa hanya diserahkan dan ditangani oleh satu pihak. Harus ada kolaborasi dan kesadaran bersama.

Karena itu, kata Riza, Pemprov DKI Jakarta mendukung program daur ulang sampah plastik. Terlebih, di Jakarta sampah sudah mencapai 7.500 ton per hari. Dan berdasarkan data BPS, sumber tertinggi sampah di Ibu kota sebanyak 37,33 persen dari rumah tangga. 

Baca juga : Per Juni 2022, Program Padat Karya Jalan Serap 49.427 Tenaga Kerja

“Sampah plastik memang sulit ditangani, harus diurai melalui mekanisme. Oleh sebab itu, kami menyampaikan terima kasih kepada P&G dan Octopus yang telah membantu dan bekerja sama menangani pengelolaan sampah di Jakarta,” kata Riza dalam sambutannya saat Peluncuran Program Conscious Living DKI Jakarta, di The Terrace Senayan, Jakarta, Selasa (21/6). 

Presiden Direktur P&G, LV Vaidyanathan menjelaskan, program tersebut kali pertama diadakan di Bandung, Jawa Barat. P&G melakukan ekspansi ke Jakarta dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar. 

Dalam program itu, pihaknya mengajak 30.000 ribu masyarakat Jakarta untuk turut melestarikan lingkungan. "Kami percaya bahwa keberlanjutan (sustainability) sangat penting. Kami mulai program ini tahun lalu di Bandung," ungkapnya.

Baca juga : Terima Kunjungan Presiden Jerman, UGM Mantapkan Kerja Sama Pendidikan

P&G bersama Octopus akan melibatkan berbagai pihak melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam memilah dan mengelola sampah plastik. Upaya pentingnya adalah mendorong masyarakat untuk aktif dalam program peduli sampah. 

“Ibu rumah tangga, ojek online, hingga para penyandang disabilitas akan dilibatkan agar juga mendapat penghasilan tambahan," tambahannya.

Melansir data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) total sampah nasional pada tahun 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton didominasi oleh sampah plastik. 

Baca juga : Kunci Keberhasilan PSR: Pendampingan & Pelatihan

Jakarta menduduki peringkat penyumbang sampah ke-3 dengan berkontribusi sebesar 2,59 juta ton sampah. DLH DKI Jakarta menyebutkan, Jakarta memproduksi 7.500 ton sampah per hari. Penyebab utamanya adalah gaya hidup praktis masyarakat yang kerap mengkonsumsi produk berbahan dasar plastik sekali pakai.

Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret dari para pelaku usaha dan konsumen untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Seperti, menekan angka penggunaan plastik, mengurangi penggunaan pemakaian produk sekali pakai hingga berkontribusi untuk mendaur ulang sampah agar mampu memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.