Dark/Light Mode

Patok 141 Ribu Anak Di Jaksel Ikut Imunisasi

Dinkes Siap Sisir Balita Door To Door Ke Rumah

Kamis, 4 Agustus 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj).
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) akan all out menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Tak hanya memberikan layanan di fasilitas kesehatan, petugas akan menyisir balita ke rumah warga.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jaksel, Yudi Dimyati mengatakan, program BIAN bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi.

“Pemberian imunisasi ini diharapkan dapat mengeliminasi campak dan rubela pada anak di Indonesia,” kata Yudi, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Tokoh Agama Di Jatim Ikut Vaksinasi, Kapolri: Jadi Penyemangat Kita Semua

Dia mengungkapkan, BIAN digelar di seluruh kabupaten/kota di Indonesia hingga 2023. BIAN di Jaksel membidik 148.961 anak usia 9-59 bulan, dengan target imunisasi mencapai 95 persen atau 141.512 anak.

“Pelaksanaan BIAN akan dimulai bulan ini. Diperlukan dukungan semua pihak untuk bisa berjalan lancar dan sesuai target,” sambungnya.

Yudi menekankan, selain imunisasi rutin, upaya penting dalam mencapai eliminasi campak rubela yakni dengan melaksanakan pemberian imunisasi tambahan yang sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Baca juga : DPRD DKI Ungkap 48,76 Persen Air PAM Hilang Karena Pipa Bocor

“Begitu juga dengan pencapaian eradikasi polio global, dibutuhkan upaya imunisasi kejar vaksinasi polio 1 untuk menutup kesenjangan imunitas dan memastikan anak-anak terlindungi dari virus Polio tipe 2,” terangnya.

Yudi menambahkan, Pemerintah terus berusaha menekan Kejadian Luar Biasa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (KLB PD3I) di masyarakat agar tidak menjadi masalah baru di tengah pandemi yang belum berakhir.

Jemput Bola

Baca juga : Fraksi Demokrat Minta Tinjau Ulang Rapat Via Zoom Meeting

Kecamatan Cilandak, Jaksel, menargetkan menjangkau 12.030 anak dalam program BIAN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.