Dark/Light Mode

Biar Yang Sakit Termotivasi Sembuh

Pemprov DKI Ubah Istilah Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat

Rabu, 3 Agustus 2022 11:52 WIB
Biar Yang Sakit Termotivasi Sembuh Pemprov DKI Ubah Istilah Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi mengganti nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) seluruh wilayah Jakarta. Nomenklatur Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat. Pencanangan penjenamaan Rumah Sehat dilakukan berbarengan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di halaman RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8) pagi.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penjenamaan tersebut salah satu bentuk untuk merubah pola pikir masyarakat Jakarta mengenai rumah sakit. Pasalnya, masyarakat datang ke rumah sakit bukan berorientasi untuk sembuh. 

Baca juga : Sumpah, Negara Baik Banget

”Selama ini rumah sakit kita berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif, sehingga datang karena sakit lalu ke rumah sakit untuk sembuh, untuk sembuh itu harus sakit dulu, sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit,” kata Anies. 

Selain itu, perubahan nama tersebut juga berperan penambahan spek rumah sakit. Salah satunya, aspek promotif dan preventif.

Baca juga : Pemprov DKI Pastikan 58 Ribu Hewan Kurban Bebas PMK

”Jadi rumah sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit,” jelasnya.

Perubahan nama Rumah Sehat ini akan dilakukan di seluruh rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta secara serempak. Perubahan nama ini juga diikuti dengan pergantian logo rumah sakit di seluruh RSUD

Baca juga : Pemprov DKI Gelar Shalat Idul Adha di JIS

“Menyeragamkan seluruh simbol di rumah sakit Jakarta yang selama ini beda, seakan bukan satu kesatuan,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.