Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peringati Hapernas 2022, PUPR-Sinas Mas Land Gelar Fun Ride di BSD

Minggu, 28 Agustus 2022 21:04 WIB
Fun Ride and Walk yang digelar Kementerian PUPR bersama Sinar Mas Land, di BSD, Tangerang, Minggu (28/8). (Foto: PUPR)
Fun Ride and Walk yang digelar Kementerian PUPR bersama Sinar Mas Land, di BSD, Tangerang, Minggu (28/8). (Foto: PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Sinar Mas Land menyelenggarakan acara Fun Ride and Walk untuk memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2022, Minggu (28/8). Bertempat di areal The Breeze, BSD, Tangerang, acara ini mengusung tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau untuk Kita Semua.”

Acara ini diikuti sebanyak 365 peserta, yang terdiri dari komunitas sepeda, pegawai Kementerian PUPR, Sinar Mas Land, dan masyarakat umum. Kegiatan ini dibuka Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto dengan dihadiri jajaran Ditjen Perumahan di antaranya, Sekretaris Ditjen Perumahan M Hidayat, Direktur Rumah Susun (Rusun) Aswin Grandiarto Sukahar, Direktur Rumah Swadaya (Ruswa) KM Arsyad, dan Direktur Kepatuhan Internal Bisma Staniarto. Kegiatan ini juga dihadiri jajaran President Office Sinar Mas Land antara lain Direktur Sinar Mas Land Herry Hendarta dan Advisor Sinar Mas Land Ignes Kemalawarta.

Acara Fun Ride and Walk ini merupakan rangkaian peringatan Hapernas 2022 yang diperingati setiap 25 Agustus. Di peringatan Hapernas ini, Kementerian PUPR telah menyiapkan sejumlah agenda, salah satunya Fun Ride dan Walk.

Berita Terkait : Puncak Hapernas, PUPR Kenang Jasa Menteri Perumahan

Menurut M Hidayat, rangkaian kegiatan ini telah dijalankan dari 13, 18, 25, dan 28 Agustus 2022. Kegiatan sepeda dan jalan santai ini sejalan dengan tema kolaborasi antara Pemerintah, pengembang, asosiasi, dan masyarakat. “Kita ingin mengajak masyarakat untuk merasakan lingkungan yang hijau seperti di sini dan semoga bisa diterapkan di ibu kota yang baru nanti,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR bersama Sinar Mas Land juga memberikan hadiah unit sepeda disabilitas kepada Aisyah Cahyu dari Komunitas Jakarta Collaboride. Aisyah terpilih karena dianggap mampu menginspirasi rekan-rekan para pesepeda lainnya, karena setiap hari gadis berusia 24 tahun ini rajin bersepeda dengan menempuh jarak 32 kilometer. Aisyah juga telah menerbitkan buku tentang perjalanan hidupnya sebagai kaum penyandang disabilitas, yang dianggap berhasil menyebarluaskan semangat positif kepada berbagai pihak.

Menurut Iwan Suprijanto, peringatan Hapernas sebelumnya selalu diperingati di sekitar lingkungan Kantor Kementerian PUPR. Namun kali ini, peringatan Hapernas dilakukan juga di Kawasan BSD karena pihaknya ingin mengajak masyarakat melihat praktik pengembangan kota yang memenuhi konsep smart city, green building/housing dan konsep transportasi yang terintegrasi atau Transit Oriented Development (TOD).

Berita Terkait : Peringati HUT DPR, PIA DPR RI Gelar Donor Darah

Rencana pembangunan perumahan ke depan, Kementerian PUPR akan menerapkan konsep yang sama di semua kawasan, termasuk ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. “Ini adalah konsep utama yang akan kami kembangkan di sana, karena membangun ibu kota baru di Kalimantan itu banyak tantangannya, termasuk suhu udara yang cukup tinggi,” ucapnya.

Padahal, lanjut dia, salah satu Key Performance Indicator (KPI) yang dicanangkan adalah mampu menurunkan suhu sebanyak 2 derajat celcius, di tengah banyaknya pembangunan infrastruktur, perkantoran dan perumahan yang dilakukan. Di samping itu, keberadaan BSD juga memberikan contoh positif penataan dan pengembangan tingkat hunian yang bertumbuh dan berkembang saat ini seperti banyaknya ruang terbuka hijau dan ruang interaksi antar warga dan komunitas.

Hal ini sangat tepat ketika dihubungkan dengan banyaknya tantangan pembangunan perumahan saat ini seperti tingkat kepemilikan rumah yang tinggi, banyaknya generasi milenial, munculnya keluarga baru, daya beli menurun karena pandemi Covid-19, juga masih banyak dijumpai perumahan yang tidak layak huni. “Ini jadi tantangan dan tanggung jawab kita semua,” kata Iwan.

Berita Terkait : BNPT Tingkatkan Sinergi Lindungi Dan Dukung Korban Terorisme

Dalam sambutannya, Herry Hendarta menyambut baik peringatan Hapernas di wilayahnya. Banyak pengembangan yang telah dilakukan sehingga tercipta Kota Mandiri BSD City dengan berbagai fasilitas, aksesibilitas dan connectivity seperti adanya jalan tol Serpong-Balaraja yang baru serta jalur Commuter Line.

Dengan 40 ribu kepala keluarga yang tinggal di dalamnya, BSD City telah menjadi peta model perumahan modern dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Sinar Mas Land juga mengembangkan beberapa perumahan dengan konsep serupa di antaranya di wilayah Cibubur, Depok, Balikpapan, dan Surabaya. “Dengan kerja sama bersama Kementerian PUPR, kita berharap bisa mewujudkan perumahan yang lengkap dan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat,” kata Herry.■