Dark/Light Mode

Nguburin Kerabat Mesti Ke Daratan Jakarta

Duh, Warga Pulau Seribu Krisis Lahan Makam

Selasa, 30 Agustus 2022 20:11 WIB
TPU di Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)
TPU di Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendesak Pemerintah Provinsi DKI segera menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sebab banyak warga Kepulauan Seribu yang kesulitan memakamkan kerabat dan keluarga karena harus mencari lahan di Jakarta.

Padahal, sejak tahun 2019 anggaran pengadaan lahan dan pembangunan TPU sudah sering diusulkan. Namun, hingga APBD tahun 2019 dipertanggung jawabkan pelaksanaannya, kebutuhan lahan pemakaman belum juga terwujud.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmuda mendorong Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta untuk memprioritaskan pembuatan TPU di seluruh pulau yang berpenghuni pada tahun anggaran 2023.

Baca juga : Tingkatkan Kenyamanan, Cek Cara Ganti Kartu Transjakarta Gratis Berbasis JakCard

“Itu menjadi catatan kita, bahwa Pulau Seribu warga DKI juga yang memang harus kita perhatikan dan fasilitasi agar mendapatkan APBD untuk membuat pemakaman,” ujarnya usai evaluasi P2APBD di Grand Cempaka Bogor, Senin (29/8) malam.

Hingga saat ini, dikatakan Ida warga pulau masih mengaku kesulitan untuk memakamkan keluarga maupun kerabatnya. Sebab mereka harus menyeberang menggunakan kapal ke Jakarta dengan waktu yang cukup lama.

“Ini jadi catatan serius kita bahwa 2023 ini hukumnya wajib harus ada di Pulau yang berpenghuni. Prioritas memang yang banyak penduduknya. Sebenarnya disana ada makam, tapi punya perorangan, jadi banyak yang memilih ke darat,” ungkapnya.

Baca juga : Kapolda Metro Jaya Komitmen Jaga Jakarta Aman, Damai, Dan Sejuk

Hal senada diungkap anggota Komisi D Muhammad Idris. Ia mengaku usulan ini sudah diajukan sejak tahun 2019 lalu, namun tidak kunjung terealisasi. Sementara di lima wilayah kota administrasi, selalu ada kegiatan pembebasan lahan untuk pelebaran makam.

“Sudah jadi permasalahan bertahun dan belum ada solusi sampai detik ini. Saya berharap bagaimana caranya masyarakat Pulau Seribu mendapatkan hak yang sama seperti lima wilayah lainnya. Ini tanggung jawab Pemda,” tuturnya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Kota dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Deftrianov mengaku, melakukan pembahasan bersama stakeholder terkait untuk mendapatkan solusi agar warga Pulau Seribu tidak lagi kesulitan soal pemakaman.

Baca juga : Didukung Masyarakat Maju Pilgub Banten Dan Jakarta, Airin: Terima Kasih

“Nanti kami akan berkoordinasi dengan Asisten Pembangunan. Ini perlu duduk bareng antara biro ORB, Inspektorat, dan Distamhut. Akan kami sampaikan ke asisten untuk segera ditindaklanjuti,” tandasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.