Dark/Light Mode

Pemotor Takut Melintas

Banjir Di Jakarta Utara Picu Kemacetan Parah

Sabtu, 9 Juli 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: ANTARA).
Ilustrasi. (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mesti membenahi drainase di sejumlah jalan utama di Jakarta Utara (Jakut). Sebab, genangan akibat hujan lama surutnya sehingga menyebabkan kemacetan parah.

Hujan lebat mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (6/7). Hal tersebut membuat sejumlah jalan utama di Jakut tergenang air.

Berdasarkan pantauan, Jalan RE Martadinata, tepatnya dari arah Tanjung Priok menuju Ancol terjadi genangan setinggi 10-20 centimeter (cm).

Baca juga : Polusi Jakarta Ancam Kesehatan Warga

Kemudian, Jalan Lodan Raya dari arah Ancol menuju Tanjung Priok tergenang 10-20 cm. Selain itu, Jalan Gunung Sahari dari arah Ancol menuju Senen maupun sebaliknya juga tergenang. Di jalan ini, genangan air cukup tinggi, mencapai 50 cm.

Selain jalan utama, sejumlah jalan kecil atau jalan penghubung juga tergenang air. Salah satunya, Jalan Budi Mulia, Pademangan Barat, tepatnya di depan Kantor Kelurahan.

Genangan di sejumlah jalan tersebut membuat jalan mengalami kemacetan.

Baca juga : Panas Ekstrem Sambut Puncak Haji, Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan

Untuk mengurainya, polisi terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan ke jalan bebas banjir.

Seorang pengendara motor, Yudi mengatakan, ia tidak berani melintas di jalan dengan genangan tinggi.

“Daripada mesin mati, lebih baik saya putar balik saja. Jauh sedikit nggak apa-apa,” kata Yudi.

Baca juga : Hajatan Jakarta Kudu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono kembali mendorong Pemprov DKI menggenjot Program Pengendalian Banjir.

“Banjir masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan,” sentil Gembong.

Politisi PSI Rian Ernest menilai, banjir terjadi karena Program Normalisasi dan Naturalisasi Sungai tidak berjalan. Karena itu, setiap hujan lebat, Ibu Kota kebanjiran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.