Dark/Light Mode

Muncul dalam Survei Unisri

Popularitas Gibran Paling Tinggi untuk Pilkada Solo

Kamis, 25 Juli 2019 22:55 WIB
Gibran dan Kaesang (Foto: Istimewa)
Gibran dan Kaesang (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, masuk dalam bursa calon Walikota Solo untuk Pilkada 2020. Apa mareka mau ya.

Masuknya nama Gibran dan Kaesang berdasarkan hasil survei yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. “Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta, Suwardi, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/7) seperti dikutip Antara.

Survei tersebut dilakukan di 96 titik lokasi dengan delapan responden di masing-masing titik. Jumlah total kuesioner yang disebar sebanyak 768. 

Baca juga : Dicari, Empat Orang Paling Tangguh di Jakarta

“Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," paparnya.

Survei tersebut menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka popularitas tertinggi. "Dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran," katanya.

Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, juga mendapat popularitas yang sama dengan Gibran. Sedangkan Kaesang berada di urutan ketiga. “Dengan persentase popularitas 86 persen,” tuturnya.

Baca juga : Paling Banyak Pemudik Menderita ISPA

Di urutan keempat ada nama Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa. Namun, popularitasnya tertinggal jauh. Hanya dikenal oleh 49 persen responden.

Dari sisi akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen. Gibran di posisi kedua dengan angka 61 persen. Di posisi ketiga ada Teguh dengan 49 persen.

Dari segi elektabilitas, Achmad Purnomo masih menempati urutan pertama dengan angka 38 persen. Urutan kedua ada Gibran dengan 13 persen. Berikutnya Teguh dengan angka 11 persen. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.