Dark/Light Mode

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 200 M

Jumat, 26 Juli 2019 17:14 WIB
Kepulan asap keluar dari Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (23/7). (Foto: Antara).
Kepulan asap keluar dari Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (23/7). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat erupsi pada Jumat (26/7) sekitar pukul 15.48 WIB, memunculkan kolom abu setinggi 200 meter dari kawahnya.

Berikut videonya:

Baca juga : Ada Tersangka Baru Kasus e-KTP, Tapi KPK Belum Mau Kasih Bocoran

Informasi yang didapat dari Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi terjadi selama 5 menit 30 detik. Abu yang keluar dari kawah saat erupsi berlangsung mengarah ke timur laut dan selatan.

Saat ini, status Gunung Tangkuban Parahu berada di level I atau normal. Pendaki gunung itu diminta tidak turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas.

Baca juga : Gunung Bromo Erupsi, Status Masih Waspada

Pendaki juga tidak diperbolehkan menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif. Saat cuaca mendung, pendaki diminta untuk meninggalkan kawasan Gunung Tangkuban Parahu saat mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan manusia.

Warga sekitar juga diharapkan waspada dengan kondisi gunung ini. Masih ada kemungkinan letusan freaktik yang bisa terjadi sewaktu-waktu. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.