Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cuaca Ekstrem Diramal Menghantam Jakarta

Waspada Bencana Banjir, Longsor Dan Pohon Tumbang

Kamis, 6 Oktober 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca ekstrem diramal terjadi di Ibu Kota. Karena itu, warga DKI Jakarta diimbau mewaspadai potensi terjadinya bencana alam.

Imbauan itu disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. BPBD menyebut cuaca ekstrem diramal terjadi selama sepekan ini, 2-8 Oktober 2022.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin.

Baca juga : BPBD Imbau Warga Jakarta Waspada Banjir Dan Longsor

Kondisi ini dapat meningkatkan pola konektivitas serta aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin. Kondisi itu dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. BMKG memperkirakan, selama sepekan ini potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah DKI Jakarta.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lain-lain,” kata BPBD DKI Jakarta dalam akun Instagramnya, Selasa (4/10).

BPBD pun mengimbau warga untuk selalu meng-update informasi banjir terkini melalui situs https://pantaubanjir.jakarta. go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Baca juga : Dubes China Di Jakarta Buka Suara Soal Kunjungan Pelosi Ke Taiwan

“Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman,” sarannya.

Sementara itu, BPBD DKI mencatat sekitar 16 Rukun Tetangga (RT) dan 7 ruas jalan kebanjiran akibat hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (4/10) siang.

“Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menyebabkan beberapa sungai meluap seperti Kali Krukut dan Kali Mampang,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : KPK Geledah Rumah Dan Apartemen Di Jakarta, Bekasi, Dan Sleman

Menurut dia, ketinggian air di sejumlah wilayah tersebut variatif 16 RT yang tergenang itu semuanya berada di Jakarta Selatan (Jaksel). Rinciannya, 3 RT di Kelurahan Cipete Utara dengan ketinggian 100 centimeter (cm). Lokasinya berbatasan langsung dengan Kali Krukut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.