Dark/Light Mode

Dihadiri Letjen Doni, KomangMu Gelar Penanaman Mangrove di Ekspedisi Destana Tsunami

Rabu, 31 Juli 2019 23:51 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo, menyalami para anggota Komunitas Mangrove Muhammadiyah (KomangMu). (Foto: Dok. MDMC)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo, menyalami para anggota Komunitas Mangrove Muhammadiyah (KomangMu). (Foto: Dok. MDMC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Mangrove Muhammadiyah (KomangMu) menggelar kegiatan penanaman mangrove di Pantai Lembuparwo, Kebumen, Rabu (31/7). Penanaman ini merupakan rangkaian Ekspedisi Destana Tsunami. Penanaman mangrove juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

KomangMu merupakan komunitas di lingkup Muhammadiyah berbasis kepedulian terhadap lingkungan, yaitu peduli mangrove. Keberadaan KomangMu secara simbolis telah dikukuhkan Ganjar Pranowo dengan ditandai penyematan slayer KomangMu kepada kader-kader Persyarikatan dan sambutan salam-salam dari Letjen Doni.

Baca juga : Perempuan Muhammadiyah Ikut Andil dalam Ekspedisi Destana Tsunami

Tujuan diadakan penanaman mangrove ini salah satu, sesuai dengan misi KomangMu, yaitu aspek pendekatan pelaksanaan di lapangan meliputi konservasi dengan tujuan untuk mengupayakan solusi penanganan abrasi. Selain itu, pada sisi bidang ekonomi diusahakan penjualan bibit mangrove dengan kuota tertentu kepada pihak-pihak yang membutuhkan. 

KomangMu merupakan komunitas yang tidak mengutamakan sisi organisatoris. Harapannya, KomangMu dapat berjalan atas dasar hobi dan kepedulian terhadap lingkungan (mangrove). Kegiatan yang diadakan merupakan bagian dari kebutuhan yang mendesak dan juga kesepemahaman antar personil yang terlibat. 

Baca juga : Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat, MDMC Turut dalam Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Jika dianggap perlu, untuk ke depannya, KomangMu akan bernaung pada Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah. Kerja sama kegiatan akan dilaksanakan di bawah pengawasan Majelis Lingkungan Hidup. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.