Dark/Light Mode

Amankan Nataru, Polisi Gelar Operasi Lilin

Penjinak Bom Diterjunkan

Kamis, 22 Desember 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) berikan keterangan usai rapat koordinasi Operasi Lilin Jaya 2022 di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/12/2022). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/aa).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) berikan keterangan usai rapat koordinasi Operasi Lilin Jaya 2022 di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/12/2022). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/aa).

 Sebelumnya 
Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, Polda Metro akan menggelar Operasi Lilin Jaya 2022. Kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

“Menyikapi sejumlah kerawanan tersebut, diperlukan koordinasi dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan,” ujar Fadil.

Operasi Lilin akan difokuskan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan seperti gereja, tempat perbelanjaan dan lokasi wisata.

Baca juga : Jelang Nataru, Komunitas Supir Truk Jatim Pendukung Ganjar Salurkan Bantuan Sembako Di Kota Kediri

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menambahkan, dalam Operasi Lilin, pihaknya bakal menjaga keamanan 1.385 gereja saat Natal di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Pengamanan akan dibantu rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat,” kata Zulpan.

Zulpan memastikan Tim Gegana atau penjinak bom akan ikut turun tangan melakukan pengamanan. Mereka akan menyusuri gereja-gereja untuk mengantisipasi teror.

Baca juga : Kembangkan Domba Batur Di Dieng, Ganjar Kolaborasikan Peternak Dan Perguruan Tinggi

Selama Operasi Lilin2022, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 7.421 personel dengan menyediakan 97 Pos Pengamanan dan 38 Pos Pelayanan di sejumlah titik.

Selain tempat ibadah, paparnya, konsentrasi pengamanan libur Nataru bakal digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang diperkirakan menjadi tempat puncak keramaian. Kemudian beberapa tempat rekreasi lain di antaranya Ancol, Kota Tua, PIK 1, PIK 2, Setu Babakan dan beberapa tempat lain,” beber Zulpan.

Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen Untung Budiharto menuturkan, perlunya meningkatkan sistem keamanan secara kolaboratif dan koordinasi lintas sektoral yang baik.

Baca juga : Gandeng Star4hire, Kalbis Institute Buka Peluang Mahasiswa Magang Kerja Di Amerika Hingga Eropa

Untung meminta, pejabat Pemerintah agar masing-masing institusi berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.