Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dinas Parekraf Aktivasi Enjoy Creative Jakarta Pada Kawasan Urban Tourism

Jumat, 23 Desember 2022 21:48 WIB
Kawasan urban turism di DKI Jakarta. (Foto: Dinas Parekraf DKI)
Kawasan urban turism di DKI Jakarta. (Foto: Dinas Parekraf DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Pemprov DKI Jakarta menginisiasi kegiatan Walking Tour dengan pelaku ekonomi kreatif di Kawasan Pariwisata Urban, yaitu Kawasan Blok M, Jakarta Selatan; Kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat; dan Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan 10 persen dari 30 juta lebih atau 3 juta wisatawan domestik datang ke Ibu Kota per tahun. Target tersebut direncanakan tercapai melalui program wisata perkotaan (urban tourism) yang tengah dikembangkan di 5 wilayah kota admnistrasi.

Penetapan lokasi pariwisata urban ini sudah dikukuhkan melalui Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beberapa lokasi pariwisata urban di antaranya Pasar Baru di Jakarta Pusat, Jatinegara di Jakarta Timur, Blok M di Jakarta Selatan, serta Pluit dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara.

“Salah satu pilar pengembangan kawasan pariwisata urban di DKI Jakarta adalah Enjoy Creative Jakarta. Ekonomi kreatif sebagai lokomotif ekonomi baru meninggalkan ekonomi ekstraktif yang mengandalkan sumber daya alam, sangatlah cocok untuk dikembangkan di Jakarta. Sudah saatnya Jakarta mendorong ekonomi kreatif serta mengembangkan dan menjadi penyedia platform sektor yang mengandalkan ide, pengetahuan, dan kreativitas,” ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Jumat (23/12).

Baca juga : Momen Ganjar Antar Jokowi Ke Jakarta Dan Kasih Pesan Jangan Lupa Minum Jamu

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan 3 lokasi kawasan pariwisata urban yaitu Blok M, Pecinan Glodok, dan Pantai Indah Kapuk sebagai aktivasi Enjoy Creative dengan berkolaborasi dengan konten kreator ternama serta media. Rute Kawasan Blok M yang dijelajahi di antaranya Taman Mataram, Masjid Al Azhar, Halte Integrasi CSW, M Bloc Space, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Sedangkan rute Kawasan Pecinan Glodok yaitu Pantjoran Tea House, Wihara Darma Bakti, Gereja Santa Maria de Fatima, Toa Se Bio, Petak Enam. Sementara, rute Kawasan Pantjoran PIK Pantjoran PIK dan Gerbang, Dewa Kekayaan (Cai Shen Ye), Dewa Pelindung Perdagangan (Guan di Koan Kong), Pagoda, dan Dewi Kwan Im.

“Aktivasi Enjoy Creative Jakarta dengan berkolaborasi melibatkan content creator sebagai bagian dari 17 sub sektor ekonomi kreatif dapat membantu menggerakkan industri pariwisata urban dan industri kreatif Jakarta. Seperti diketahui, konten video atau foto yang diciptakan dan diunggah content creator di media sosial dapat menjadi sarana mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Jakarta kepada khalayak yang lebih luas dan memengaruhi antusiasme masyarakat untuk berkunjung,” tambah Sub Koordinator Akses Permodalan dan Pemasaran Lucky Wulandari.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Andhika Permata menambahkan, konten-konten yang dibagikan ke media sosial diharapkan menimbulkan efek domino dan menarik kedatangan para masyarakat untuk berwisata. Kota Jakarta tidak lagi dianggap hanya sebagai pintu masuk, embarkasi, atau transit dalam sebuah perjalanan, tetapi justru sebagai daya tarik dan tujuan wisata tersendiri. “Harapannya, melalui kegiatan walking tour, semakin banyak orang yang dapat menikmati wisata urban di Jakarta,” imbuhnya.

Baca juga : Minta Masukan Para Ahli, DPR Genjot Pembahasan RUU Kesehatan

Dia lalu mengutip ucapan Doug Lansky, ‘a city can have tourists but tourists can’t have a city’. "Dengan kehadiran wisatawan, baik lokal dan internasional, yang berwisata di Jakarta, tidak membuat Jakarta melupakan identitas atau nilai-nilai lokal yang dimiliki,” tutup Andhika.

Dalam upaya mewujudkan dan mengembangkan DKI Jakarta sebagai destinasi wisata berkelas dunia, perlu diselenggarakan pariwisata urban sesuai dengan karakteristik Kota Jakarta. Untuk optimalisasi penyelenggaraan pariwisata urban, ditetapkanlah Keputusan Gubernur Nomor 588 tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Urban.

Pariwisata urban sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Gubernur tersebut merupakan aktivitas pariwisata dengan ketentuan bertempat di perkotaan dengan segala karakteristik perkotaan yang kental, destinasi pariwisata urban menawarkan beragam pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial dan alam yang luas untuk liburan serta bisnis, melibatkan masyarakat, komunitas lokal, serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, memanfaatkan secara optimal fasilitas ruang publik yang tersedia dan memberikan kontribusi terhadap pemulihan sektor pariwisata dalam rangka peningkatan perekonomian DKI Jakarta.

Kategori pariwisata urban di DKI Jakarta meliputi: Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Belanja, Wisata Rekreasi, Wisata Kuliner, Wisata MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions), Wisata Olahraga/Kebugaran, Wisata Religi dan Ziarah, Wisata Alam.

Baca juga : Ribuan Masyarakat Palembang Doakan Korban Gempa Cianjur

Pilar pengembangan Kawasan Pariwisata Urban di DKI Jakarta meliputi Enjoy Vibrant Jakarta, yaitu Jakarta merupakan kota dengan ragam budaya, segala suku,kebudayaan, dan kuliner Jakarta ada di Jakarta. Enjoy Livable Jakarta yaitu Jakarta mengalami perkembangan dari sisi infrastruktur dan aksesibilitas yang setara dengan kota-kota global dunia. Enjoy Creative Jakarta yaitu Jakarta merupakan wadah kreatifitas di Jakarta, dimana setiap tahunnya pelaku industri kreatif baru lahir dan berkarya di Jakarta.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.