Dark/Light Mode

SPBI Apresiasi Sinergisitas BNPT Tanggulangi Terorisme

Senin, 3 Oktober 2022 10:21 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Istimewa)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sekaligus akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, Iswadi, mengapresiasi sinergisitas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam upaya penanggulangan terorisme.

Salah satunya, ia menyoroti Sinergisitas Awards 2022 yang diselenggarakan BNPT untuk apresiasi sejumlah lembaga dalam penanggulangan terorisme di Indonesia. Anugerah tersebut diberikan pada kementerian/lembaga (K/L) yang telah berperan aktif mendukung program penanggulangan terorisme.

"Itu menunjukkan tekad dari Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar yang terus bekerja untuk mencegah masyarakat Indonesia dari paparan intoleransi, radikalisme dan terorisme. Hal tersebut sesuai dengan tugas utama dan fungsi dari BNPT yang salah satunya ialah menyelenggarakan koordinasi kebijakan, strategi, dan program nasional pada bidang penanggulangan terorisme," ujar Iswadi dalam keterangannya, Senin (3/10).

Baca juga : IPW Apresiasi Kinerja Timsus Bentukan Kapolri Menangani Kasus Sambo

Iswadi yang juga Ketua Umum Solidaritas Pemersatu Bangsa Indonesia (SPBI) mengatakan, untuk menyelenggarakan koordinasi kebijakan antar institusi perlu melakukan kerjasama jejaring kebijakan atau sinergitas.

Menurutnya, terdapat tiga kegiatan di bidang pencegahan yang dilaksanakan oleh BNPT bersama seluruh K/L dan Pemerintah Daerah serta seluruh masyarakat, yaitu kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

"Untuk itu, BNPT membentuk Tim Sinergitas bersama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, untuk bekerja sama mengikis mata rantai penyebaran radikalisme dimulai dari pelosok. Jejaring kebijakan dalam hal koordinasi terhadap setiap institusi pemerintah sangat penting untuk ditingkatkan," ungkapnya.

Baca juga : Basarah Apresiasi Polri Gerebek 19 Kasus Judi di Malang

Sebab, katanya, penanggulangan terorisme bukan hanya tanggung jawab institusi penegak hukum, tetapi juga tanggung jawab setiap institusi non penegak hukum untuk terus bersinergi dalam segala upaya deradakalisasi, kontra radikalisasi, dan pembangunan sarana hubungan.

"Kita menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kepala BNPT yang terus bekerja sama cukup baik dengan semua stakeholder dalam rangka penanggulangan terorisme dan itu merupakan bukti Komjen. Pol. Boy Rafli Amar hadir mencegah masyarakat Indonesia dari paparan intoleransi, radikalisme, dan terorisme," jelasnya.

Iswadi berharap, program Sinergisitas Awards dapat terus berlangsung dan meningkat serta berpengaruh nyata kepada seluruh masyarakat Indonesia, karena itu merupakan tugas utama dari BNPT dalam menyelenggarakan koordinasi kebijakan, strategi dan program nasional pada bidang penanggulangan terorisme.

Baca juga : Ganda Putra Panggung Pemain Senior

Selain telah melaksanakan program Sinergisitas Awards 2022, Iswadi juga memuji Kepala BNPT yang telah meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas 7 hektar sebagai sarana integrasi mitra deradikalisasi dan masyarakat di Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah yang diawali dengan dengan penanaman jagung.

"Semoga Kawasan tersebut bisa menjadi sarana untuk mengintegrasikan antara mitra deradikalisasi dan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan," ucap Iswadi.

Sebelumnya BNPT RI juga bersama K/L dan Pemerintah Daerah telah meresmikan KTN di beberapa wilayah, yaitu di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur; di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dan di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.