Dark/Light Mode

Perbaikan Masih Tambal Sulam

Kondisi Jalan Protokol Rusak, Banyak Lubang

Jumat, 6 Januari 2023 07:30 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino. (Foto: Istimewa).
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Tunggu Hujan Reda

Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan jalan. Untuk sementara, perbaikan sebatas penambalan saja.

Untuk peningkatan jalan atau perbaikan besar Jalan Sudirman-MH Thamrin, akan dilakukan Dinas Bina Marga DKI setelah musim hujan mereda.

“Februari dan Maret kita akan adakan perbaikan permanen, sambil menunggu hujan reda di bulan Januari,” kata Hari Nugroho, Rabu (4/1).

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 3 Januari Hadir Di Polsek Bantar Gebang

Salah satunya di jalan layang (flyover) Pancoran arah Cawang. “Ya, langsung nanti kita kerjakan,” ujarnya.

Hari bilang, saat ini musim hujan, sehingga aspal menjadi lebih cepat rusak. “Memang kalau habis hujan banyak jalan rusak dan berlubang,” terangnya.

Selama 2022, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memperbaiki ribuan titik jalan rusak.

“Kami telah menangani 9.925 titik jalan selama tahun 2022,” kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo.

Baca juga : Dikabarkan Jatuh Saat Naik Helikopter, Kondisi Menhub Baik-baik Saja

Heru menyebutkan, perbaikan jalan berada di 10 kecamatan wilayah ini memiliki total luas 51.460 meter persegi (m2). Perbaikan jalan tersebut meliputi menutup lubang dengan campuran aspal dingin (coldmix) dan campuran aspal panas (hotmix).

Menurut Heru, ada beragam faktor penyebab kerusakan jalan seperti adanya perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan serta kondisi tanah dasar yang tidak stabil.

Selain itu, proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik serta muatan kendaraan-kendaraan berat (tonase) yang melebihi kapasitas.

Karena itu, perlu perbaikan kerusakan jalan untuk menjaga keamanan b pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor, karena dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Mak Ganjar Sulsel Terobos Jalan Terjal Dan Berbukit

Dia bilang, Sudin Bina Marga Jakarta Selatan secara rutin melakukan perawatan jalan berkala usai diperbaiki untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan.

Selain itu, pihaknya juga memantau lapangan dan siap menerima laporan masyarakat yang disampaikan kepada satuan tugas (satgas) ataupun suku dinas.

Heru mengimbau kepada masyarakat untuk berinisiatif menjaga fasilitas yang diberikan Pemerintah demi kenyamanan bersama.

“Jika ada jalan rusak yang belum tertangani dengan cepat, warga bisa langsung menghubungi kami,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.