Dark/Light Mode

Malaysia Galang Patriotisme Lewat Tema Hari Kemerdekaan

Kamis, 25 Juli 2019 11:39 WIB
Gobind Singh Dek memberikan penjelasan seputar rencana perayaan Hari Kemerdekaan Malaysia.(Foto Bernama)
Gobind Singh Dek memberikan penjelasan seputar rencana perayaan Hari Kemerdekaan Malaysia.(Foto Bernama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang perayaan Hari Kemerdekaan ke-62, Malaysia mengumumkan tema selebrasi hari bersejarah tersebut. "Sayangi Malaysiaku: Malaysia Bersih" dipilih untuk menegaskan pentingnya persatuan dan patriotisme untuk kemakmuran bersama.

Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Gobind Singh Dek berharap tema perayaan tahun ini akan membakar rasa persatuan rakyat Malaysia. "Pemerintah memutuskan menggunakan logo tahun lalu dan menggunakan slogan baru untuk perayaan tahun ini," jelas Gobind dalam pernyataan resminya dikutip Bernama, Rabu (24/7).

Baca juga : Marquez Terbebas Dari Kecelakaan

Lagu "Malaysia Bersih" dan "Kita Punya Malaysia" akan tetap menjadi lagu tematis yang akan kembali dipilih untuk memicu rasa nasionalisme di diri rakyat Malaysia. Rencananya, pada 31 Agustus nanti, Malaysia akan menyelenggarakan parade kemerdekaan di Putrajaya. Sementara hari kemerdekaan baru dirayakan pada 16 September di Kuching.

Gobind, yang merupakan ketua Komite Perayaan Bulan Nasional 2019, mengatakan akan memulai perayaan nasional dengan mengibarkan bendera nasional malaysia, Jalur Gemilang, di Dataran Pahlawan, Melaka, pada 3 Agustus nanti. Upacara pengibaran bendera ini akan dihadiri langsung Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan Wakilnya, Wan Azizah Wan Ismail.

Baca juga : Ganda Putra Masih Perkasa

"Melaka dipilih sebegai lokasi dimulainya bulan perayaan kemerdekaan dari segi historisnya. Deklarasi kemerdekaan Malaysia dibuat di Banda Hilir, Melaka, pada 20 Februari 1956," terang Gobind.

Gobind mengatakan panitia perayaan hari kemerdekaan Malaysia sudah menyiapkan serangkaian acara nasional, yang ditujukan untuk memupuk rasa nasionalisme warga Malaysia. Dia mengajak seluruh warga negeri jiran itu mengibarkan bendera nasional di rumah, kantor, kendaraan hingga ponsel masing-masing.

Baca juga : Tolong, Korban Gempa Halmahera Selatan Butuh Air Bersih

"Kami juga mendukung segala masukan kegiatan perayaan hari kemerdekaan dari seluruh rakyat Malaysia. Apa saja asal memupuk rasa nasionalisme," ujarnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.