Dark/Light Mode

Pentingnya Ruang Publik Dalam Pengembangan Potensi

Kawasan TOD Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jadi Tempat Hits Sekaligus Healing

Minggu, 26 Februari 2023 13:32 WIB
Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu berada di kawasan sekitar Terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M BCA. (Foto: Istimewa).
Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu berada di kawasan sekitar Terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M BCA. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka -  

Oleh: Dwi Ilhami, Reporter Rakyat Merdeka

Baca juga : Gubernur DKI Jakarta Resmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Jakarta di sore hari, kalau tidak bising suara klakson ya bukan Jakarta namanya. Sebagai kota megapolitan suasana, ini sudah menjadi makanan sehari-hari. Berkutat dengan deadline tugas dan pekerjaan seharian, sepertinya akan ikut stress juga kalau langsung pulang ke rumah di jam-jam macet.

Untungnya saat melintasi kawasan Blok M, tepatnya di depan Stasiun MRT Blok M BCA, Terminal Blok M, terlihat Taman Literasi Martha DevelopmentChristina Tiahahu yang dahulu kurang terurus, disulap menjadi salah satu kawasan TOD (Transit Oriented Development) yang sukses direvitalisasi. Kini tampilannya juga sangat menarik.

Baca juga : AP 2 Sediakan Tujuh Lokasi Layanan Rapid Test Antigen

Taman yang berdiri sejak tahun 1948 ini pun sudah ramai dikunjungi. Terutama di kala sore dengan langit senja, cukup ampuh menjadi penghibur setelah seharian sibuk beraktivitas. Ya namanya juga tempat transit yang sesuai fungsinya, banyak para pekerja atau karyawan, pelajar, mahasiswa, dari orangtua, remaja sampai anak-anak sedang asyik hanya untuk sekadar duduk di bangku-bangku taman. Sambil menunggu terurainya antrean Bus Transjakarta, padatnya penumpang MRT, dan sedikit lengangnya lalu lintas Jakarta.

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ternyata lebih cantik kalau dilihat di malam hari. Lampu-lampu yang ditata dan menghiasi taman, serasa memanggil untuk sekadar menyapa.

Baca juga : Kementan Pacu Pengembangan Sentra Tanaman Hias di Tawangmangu

Satu yang terlihat menarik dari kawasan TOD Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dibanding kawasan TOD lainnya adalah, fasilitas terintegrasi di taman ini cukup lengkap. Bahkan ada ruangan khusus seperti perpustakaan mini, musola, ruang baca, fasilitas bermain anak, dan parkir sepeda.

Mulai malam, suasana Taman Literasi ini kian ramai. Dari arah belakang tempat saya duduk, terdengar celetukan dari dua orang wanita pekerja yang sedang asyik menyeruput kopi. “Enak begini ya, pulang kerja kita sambil ngopi nyantai. Healing tipis begini aja kita udah seneng,” kata dia. Temannya pun menimpali. “Iya bener, healing nggak mesti ke luar kota. Sekarang di Jakarta aja kita bisa ngerasa liburan meskipun cuma 2 jam,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.