Dark/Light Mode

Pentingnya Ruang Publik Dalam Pengembangan Potensi

Kawasan TOD Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jadi Tempat Hits Sekaligus Healing

Minggu, 26 Februari 2023 13:32 WIB
Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu berada di kawasan sekitar Terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M BCA. (Foto: Istimewa).
Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu berada di kawasan sekitar Terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M BCA. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam hati, saya mengangguk tanda setuju. Selintas dalam otak pun berpikir, betapa pentingnya kawasan hijau yang dibangun di tengah kota sebagai ‘obat’ pelipur lara menjaga kewarasan hidup di Ibukota.

Dari sebuah penelitian, alam mampu membantu seseorang untuk healing dari rasa khawatir, stress, kemarahan hingga kekecewaan. Bahkan secara emosional, keadaan bisa menjadi lebih tenang dengan hanya duduk di taman. Hal tersebut mampu berkontribusi memperbaiki kinerja tubuh, mengelola hormon stress dengan lebih baik hingga mampu meregangkan otot.

Baca juga : Gubernur DKI Jakarta Resmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Dalam hal ini, konsep kawasan TOD yang dibangun, turut andil dalam kesehatan jiwa seseorang. Harapan dari banyak masyarakat, akan lebih banyak lagi kawasan TOD terbuka hijau tersedia, agar bisa menjadi alternatif masyarakat dalam menambah hiburan di tengah kota.

Bukan cuma itu, Blok M, menjadi kawasan TOD yang mengusung tema ‘Kota Taman di Selatan Jakarta’ ini juga menjadi wadah bagi komunitas untuk mengembangkan potensinya.

Baca juga : AP 2 Sediakan Tujuh Lokasi Layanan Rapid Test Antigen

Adanya perpustakaan mini dan ruang baca di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, menjadi hawa segar sekaligus menambah titik baca di Jakarta. Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan minat baca di masyarakat.

Hal tersebut diamini Founder Taman Baca Masyarakat (TBM) atau Kampung Buku Edi Dimyati atau akrab disapa Kang Edi. Setiap taman yang memiliki perpustakaan atau ruang baca adalah sebuah keniscayaan. Meski begitu, katanya bukan tidak mungkin bisa terwujud.

Baca juga : Kementan Pacu Pengembangan Sentra Tanaman Hias di Tawangmangu

“Setidaknya kehadiran ruang baca menjadi usaha Pemerintah untuk mendekatkan masyarakat dengan membaca buku. Karena tempat yang paling nyaman dan santai itu ya di taman. Taman literasi yang di Blok M ini cukup bagus. Cuma nanti ke depannya, harus digiatkan lagi titik-titik ruang baca seperti yang ada di Taman Literasi ini di TOD atau kawasan lainnya,” ujar Kang Edi kepada Rakyat Merdeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.