Dark/Light Mode

Jaga Kamtibmas Di Ibu Kota

Satpol PP Dan Damkar Dilarang Cuti Lebaran

Sabtu, 15 April 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

 Sebelumnya 
Untuk kelancaran mudik, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan prasarana dan sarana angkutan Lebaran 2023. DKI me­nyiapkan 4 terminal utama dan 3 terminal bantuan serta posko pemantauan di setiap terminal.

Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 2.258 bus dari 152 perusahaan otobus untuk me­layani mudik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Selain itu, melakukan inspeksi keselamatan kendaraan dan pemeriksaan kesehatan pengemudi di seluruh terminal tipe A DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga menggelar mudik gratis dengan menggunakan 482 bus yang dapat mengangkut 19.280 penumpang. Dan, 23 truk yang dapat mengangkut 690 sepeda motor untuk 6 provinsi dan 19 kabupaten/kota.

Dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023, Dishub DKI akan mengerahkan 2.630 personel pengamanan lalu lintas. Untuk kesiapan Armada Kereta Api Daerah Operasional (DAOP) 1 Jakarta, telah dipersiapkan 69 kereta api dan 1.012 personel.

Baca juga : Jalankan 4 Tips Ini, Kalau Nggak Mau Sakit Pinggang Saat Mudik Lebaran

Untuk angkutan laut, 10 ka­pal Dishub yang dapat mengangkut 488 penumpang, 21 kapal tradisional yang dapat mengangkut 3.845 penumpang dan 19 kapal swasta yang dapat mengangkut 1.183 penumpang. Serta, melakukan pemantauan di 13 wilayah dan 6 titik posko Angkutan Laut Lebaran 2023.

Kepala Satpol PP DKI Arifin mengatakan, siap menjaga ka­mtibmas selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

“Kami akan menerjunkan kurang lebih sebanyak 2.500 per­sonel,” kata Arifin, Rabu (12/4).

Ribuan personel tersebut se­cara bergantian menjaga kam­tibmas di Jakarta selama 24 jam. Karena itu saat Idul Fitri, per­sonel Satpol PP tidak mendapat libur dan cuti.

Baca juga : OMG Beri Pelatihan Pembuatan Basreng Di Kawasan Bukit Duri

“Bukan kali ini saja kita tidak cuti, karena memang setiap Idul Fitri Satpol PP selalu bertugas, ujarnya.

Saat Lebaran nanti, Satpol PP bakal mengawasi tempat-tempat rekreasi dan ruang publik yang ramai dikunjungi masyarakat. Seperti Taman Margasatwa Ra­gunan, Taman Mini, Ancol, Kota Tua dan Danau Sunter.

“Kami hadir di situ untuk me­mastikan keamanan, ketertiban dan keteraturan,” ucap Arifin.

Di malam hari, personel Sat­pol PP bersama TNI/Polri dan Rukun Tetangga (RT) dan Ru­kun Warga (RW) berpatroli ke pemukiman warga. Untuk mengantisipasi tindak pencurian, terutama rumah yang kosong karena ditinggal mudik.

Baca juga : Relawan Puan Gelar Lomba Adzan Hingga Tausiyah

“Kita akan patroli bareng. Jangan sampai rumah yang ditinggal mudik kemalingan,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.