Dark/Light Mode

Pemprov DKI Pastikan Jakarta Tetap Bersih Usai Aksi Peringatan May Day

Senin, 1 Mei 2023 17:49 WIB
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta gerak cepat membersihkan sampah usai aksi Peringatan Hari Buruh Internasional Senin (1/5) atau (May Day). (Foto: Ist)
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta gerak cepat membersihkan sampah usai aksi Peringatan Hari Buruh Internasional Senin (1/5) atau (May Day). (Foto: Ist)

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta gerak cepat membersihkan sampah usai aksi Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2023 (May Day).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya telah menugaskan setiap Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Kota Administrasi untuk terus bersiaga sejak sebelum hingga selesainya aksi buruh.

“Begitu usai aksi buruh, kami langsung bergerak membersihkan di semua wilayah. Untuk itu kami telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait hingga level kelurahan,” kata Asep, Senin (1/5) saat melakukan aksi bersih-bersih di lapangan.

Seperti di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat dan sekitarnya yang merupakan pusat dilakukan aksi buruh, pihaknya mengerahkan sebanyak 150 petugas kebersihan, 10 streetsweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, 10 truk sampah jenis dump truck, dan 5 pickup lintas.

Sementara itu, di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) dan Gedung MPR/DPR, Dinas Lingkungan Hidup DKI mengerahkan 100 petugas kebersihan, 5 dump truck, 12 pickup lintas, dan 4 street sweeper.

"Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berbagi tugas menanganinya bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan terkait,” tambah Asep.

Sedangkan acara peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Utara digelar di GOR Rawa Badak. Asep mengungkapkan, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara mengerahkan 100 petugas kebersihan dan armada berupa 2 truk sampah jenis dump truck besar, 5 pickup lintas, 3 unit bus toilet, 1 tangki air bersih, 1 tangki air kotor, dan 3 gerobak motor untuk melakukan penanganan sampah.

Di samping itu, sebagai upaya menjaga bumi, Dinas Lingkungan Hidup DKI juga mengadakan uji emisi gratis untuk kendaraan berbahan bakar solar dan bensin, sosialisasi peraturan lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan, konsultasi pengelolaan limbah B3 industri, dan pembagian bibit pohon di GOR Rawa Badak.

Pemprov DKI Jakarta juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar, seperti meminimalisir menghasilkan sampah dengan membawa peralatan makan/minum sendiri dan membuang sampah di tempat yang disediakan. Dengan demikian kebersihan kota terus bisa diupayakan sehingga menambah kenyanan masyarakat dan kelestarian bumi tetap terjaga.

Baca juga : BP2MI Pastikan Pulangkan Jenazah PMI Yang Meninggal Di Negara Penempatan

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.