Dark/Light Mode

Pj. Gubernur Heru Tegaskan Penataan Kawasan Untuk Jakarta Lebih Sehat dan Rapi

Senin, 12 Juni 2023 19:45 WIB
Pj. Gubernur Heru meninjau penataan kawasan di Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin (12/6).
Pj. Gubernur Heru meninjau penataan kawasan di Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menegaskan, penataan kawasan yang sedang gencar dilakukan Pemprov DKI dilakukan untuk menjadikan Kota Jakarta lebih sehat dan tertata rapi. Hal tersebut disampaikan Pj. Gubernur Heru seusai meninjau penataan kawasan di Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

Baca juga : BMKG: Prakiraan Cuaca Besok Untuk DKI Jakarta, Terbaru Selasa 13 Juni 2023

Pj. Gubernur Heru mengungkapkan, kedatangannya meninjau kawasan Kelurahan Kuningan Timur, termasuk Jalan Perintis, untuk melihat hasil penataan yang telah dilakukan pihak kelurahan. Sebelumnya, trotoar di kawasan Kelurahan Kuning Timur dipadati pedagang kaki lima (PKL) dan kurang terawat. Setelah dilakukan penataan, terlihat trotoar lebih tertata rapi. Tidak ada lagi PKL, sampah sudah dibersihkan, dan kali di samping trotoar juga sudah dibersihkan.

Baca juga : Pemerintah Manut Putusan MK, KPK Minta Perdebatan Penambahan Masa Jabatan Disetop

Melihat kondisi tersebut, Pj. Gubernur Heru memberikan apresiasi kepada Lurah Kuningan Timur SIH Purwanti yang telah bekerja keras menata wilayahnya. Pj. Gubernur Heru berharap, penataan ini akan dilanjutkan di berbagai kawasan.

"Saya kasih semangat untuk Bu Lurah. Tadinya di sini banyak pedagang kaki lima. Terus dilakukan penataan, PKL dipindahkan ke tempat yang telah disediakan. Lalu, jalan ini ditata menjadi lebih rapi, sehat dan bersih. Nanti saya harap bisa bertambah lagi," kata Pj. Gubernur Heru. 

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, penataan kawasan sudah menjadi tugas lurah di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dilakukan agar lingkungan yang tidak tertata rapi dapat diperbaiki menjadi sehat, hijau, dan memberikan kenyamanan bagi warga sekitarnya. Lurah harus mampu menjadikan satu lokasi yang tidak tertata rapi di wilayahnya menjadi kawasan yang bersih, rapi, dan indah. 

"Tidak hanya bersih dari sampah dan dirapikan, tetapi juga tata dengan tanam pohon. Trotoar juga dirapikan. Intinya, kita lakukan kegiatan penataan kawasan ini dari yang mudah. Wilayahnya kita refungsi dan dijadikan lebih indah. Ya, saya minta kelurahan tidak hanya satu lokasi saja, tetapi bisa nambah dua atau tiga lokasi," ujar Pj. Gubernur Heru.

Hingga saat ini, Pj. Gubernur Heru menegaskan, sudah ada 267 lokasi yang telah ditata rapi di seluruh kelurahan di Jakarta. Selain lurah, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota beserta suku dinasnya di enam wilayah turut melakukan penataan dan penanaman pohon di lokasi yang membutuhkan.

Pj. Gubernur Heru menekankan, penataan kawasan juga untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta, karena dalam penataan tersebut turut ditanami pohon-pohon. Dengan begitu, ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta bertambah luas.

"Selain mempercepat penggunaan motor dan mobil listrik serta bahan bakar yang ramah lingkungan, kita upayakan memperbaiki kualitas udara dengan kegiatan penataan kawasan ini yang turut menambah jumlah RTH di Jakarta," terang Pj. Gubernur Heru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.