Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Foodbank Of Indonesia, PWI Peduli Salurkan Pangan

Senin, 9 September 2019 20:50 WIB
Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia Wida Septarina (tujuh dari kiri) berfoto bersama Pengurus PWI Peduli usai berbagi pengalaman, Senin (9/9). (Foto: Istimewa).
Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia Wida Septarina (tujuh dari kiri) berfoto bersama Pengurus PWI Peduli usai berbagi pengalaman, Senin (9/9). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PWI Peduli Pusat dan daerah siap bersinergi dengan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia atau Foodbank of Indonesia di bidang sosial yang bertujuan untuk membantu keadilan akses pangan dan mengurangi makanan yang terbuang sia-sia.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Peduli,  M Nasir, saat berbincang tentang kegiatan sosial di bidang pangan bersama Wida Septarina, Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Kantor PWI, Gedung Dewan Pers Lantai 4, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Hadir dalam sharing pengalaman itu, para pengurus PWI Peduli dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat Indah Kirana.

Baca juga : Pertunjukan Gamelan Pukau Anak Muda Amerika

Wida Septarina menuturkan, berdasarkan Penelitian yang dilakukan FAO (Food and Agriculture Organization), makanan yang terbuang mencapai 1,3 miliar ton per tahun.

Seperempat dari makanan yang terbuang sia-sia itu cukup untuk memberi makan 870 juta orang kelaparan di dunia. Ini fakta mengejutkan terkait limbah sampah yang dihasilkan di seluruh dunia.

Di Indonesia, makanan yang terbuang merupakan permasalahan besar. Misalnya, produksi sampah di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Sayuran dan Buah Indonesia Laku Keras di Singapura hingga Eropa

Mengutip Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, setiap harinya ada 7.500 ton sampah yang diangkut. Sekitar 54 persen dari sampah itu adalah sampah makanan yang sudah dikonsumsi maupun saat diproduksi.

Lebih parah lagi, Indonesia menempati urutan kedua setelah Arab Saudi yang tercatat paling besar membuang makanan di dunia, padahal masih banyak yang kelaparan.

Ke depan, terkait aksi sosial bersama PWI Peduli, Wida Septarina siap berkolaborasi dengan PWI Peduli  untuk mendesain program-program kegiatan sosial. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.