Dark/Light Mode

Renovasi JIS Sesuai Standar FIFA

Erick Ingin Suporter Pulang Selamat

Rabu, 5 Juli 2023 08:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono depan (tiga kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (depan kanan), Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan dua kiri) mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/Abdu Faisal/aa)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono depan (tiga kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (depan kanan), Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan dua kiri) mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/Abdu Faisal/aa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Seluruh Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir buka suara soal rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS). Menurut dia, renovasi dilakukan agar stadion tersebut sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan demi keamanan suporter. Karena itu, dia berharap, rencana renovasi tidak jadi polemik.

Salah satu alasan JIS akan direnovasi adalah karena akses pintu masuk ke area stadion cuma ada satu. Jika tidak direnovasi, dikhawatirkan akan mengundang bahaya dan tidak lolos kriteria FIFA.

Kemarin, Erick bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, beserta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi meninjau JIS untuk persiapan Piala Dunia U-17. Hasilnya, masih terdapat kekurangan di sana-sini. Seperti masalah rumput sampai kurangnya kantong parkir.

Baca juga : Stadion JIS Diperbaiki, Erick Pastikan Suporter Pulang Dengan Selamat

Menurut Erick, renovasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas JIS. Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi dalam blueprint transformasi sepak bola yang dipaparkan ke FIFA. Salah satu arahannya merenovasi 22 stadion.

“Mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk kejuaraan dunia U-17,” ujar Menteri BUMN itu.

Terakhir, Erick meminta, agar polemik renovasi JIS dihentikan. Karena renovasi ini dilakukan, semata-mata agar stadion yang memakan biaya Rp 4 triliun itu bisa dijadikan venue Piala Dunia U-17 dan suporter yang menonton bisa pulang dengan selamat sampai tujuan.

Baca juga : Indonesia Jadi Tuan Rumah FIFA U-17, Erick Minta Semua Komponen Bersatu

Senada dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menurut dia, saat ini semua pihak tengah berusaha menjadikan JIS memenuhi standar FIFA.

Salah satunya yang mendapat perhatian Basuki adalah rumput. Berdasarkan evaluasi Karya Rama Prima (KaerPe), perusahaan yang mengurus rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno, rumput JIS tidak masuk standar FIFA.

Agar bisa digunakan, Karya Rama Prima mengusulkan, rumput JIS diganti. “Rumput yang sekarang tidak memenuhi kriteria FIFA. Rumputnya akan diganti dengan rumput yang lain agar bisa dipakai Piala Dunia U-17,” terang Basuki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.