Dark/Light Mode

Segera Umumkan Hasil Audit

Erick Siapin Sembilan Jurus Sehatkan Dapen

Kamis, 4 Mei 2023 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan program pembenahan tata kelola dana pensiun (dapen) terus berjalan. Dalam waktu dekat ini, audit pengelolaannya akan disampaikan ke publik.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo berjanji, Kemente­rian BUMN bakal segera mengumumkan hasil audit dana pensiun perusahaan pelat merah.

“Tadinya mau akhir April, mungkin setelah Lebaran akan kami umumkan,” ungkap pria yang akrab disapa Tiko ini, Senin (1/5).

Baca juga : Pengamat: Erick Paling Pas Dampingi Ganjar, NU-Nasionalis Sejalan

Ia mengatakan, saat ini sedang dilakukan proses perhitungan kekurangan pendanaannya. Se­lanjutnya, baru terlihat apakah ada kasus spesifik yang meng­gerogoti kesehatan dapen peru­sahaan tersebut.

Terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dapen BUMN tengah mengalami kekurangan dana atau terjadi defisit kecukupan dana Rp 9,8 triliun di tahun 2021. Defisit itu menjadi gambaran, hanya segelintir dapen BUMN yang dikategorikan sehat. Sedangkan sisanya, atau sebesar 65 persen dapen BUMN dalam kondisi sakit.

“Kondisi tersebut, bisa berujung pada skenario yang terburuk dan menjadi bom waktu,” ujar Erick dikutip Minggu (30/4).

Baca juga : Cek Persiapan Hadapi Mudik, Menhub Tinjau Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Dalam menghadapi hal terse­but, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini sudah menyiapkan sembilan rencana penyehatan da­pen BUMN. Dari semua rencana ini, sebagian sudah dilaksanakan. Sejumlah langkah penyelamatan yang sudah dilakukan.

Pertama, surat arahan untuk menjalankan uji tuntas dapen yang harus dipimpin oleh Direk­tur Keuangan dan Direktur SDM (Sumber Daya Manusia) masing-masing BUMN. Kedua, pe­tunjuk teknis untuk menjalankan uji tuntas dapen.

Ketiga, sosialisasi kepada se­luruh pendiri dapen. Lalu keem­pat, memasukkan pengelolaan dapen MP (Manfaat Pensiun) ke dalam aspirasi pemegang saham. Serta kelima, memasukkan agenda penyehatan dapen ke dalam kontrak manajemen.

Baca juga : Cerita The Diplomat Tailor Siapkan Jas Rapi untuk Pelantikan Dito Ariotedjo

Sementara yang sedang dalam proses, menjadi langkah kee­nam, review komprehensif ter­hadap dapen BUMN. Ketujuh, Kementerian BUMN menyusun petunjuk teknis untuk tata kelola dapen yang baik.

Kedelapan, masing-masing BUMN menyusun rencana dan roadmap penyehatan keuangan, dan kesembilan, imple­mentasi penyehatan dan moni­toring perkembangannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.