Dark/Light Mode

DKI Dan Pusat Keroyokan Penuhi Standar FIFA

JIS Tambah Parkiran Akses Dan Transportasi

Kamis, 6 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (depan tiga kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (depan kanan), Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan dua kiri) mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/Abdu Faisal/aa)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (depan tiga kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (depan kanan), Menpora Dito Aritedjo (tengah) dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan dua kiri) mengunjungi Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/Abdu Faisal/aa)

 Sebelumnya 
Menteri Basuki tak menampik JIS sebagai sebuah stadion yang bagus. Namun agar dapat digu­nakan untuk event internasional, harus mengikuti standar FIFA.

“Kalau nanti FIFA melakukan evaluasi, mudahan-mudahan bisa memenuhi standar. Salah satu yang utamanya masalah rumput,” terang Basuki.

Dijelaskannya, kondisi rum­put JIS saat ini, menurut evaluasi ahli rumput, tidak masuk dalam standar FIFA. “Rumput JIS akan diganti agar memenuhi standar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Basuki, akses keluar-masuk stadion akan ditambah sebanyak lima akses.

Baca juga : Ganjar: Kepala Desa, Perangkat Desa Dan Masyarakat Harus Kompak!

Fasilitas lainnya yang akan dibangun, papar Basuki, adalah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari JIS menuju arah Ancol dan pembangunan stasiun kereta sementara di dekat stadion.

Tambah Kantong Parkir

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KAIuntuk pembangunan stasiun se­mentara agar terhubung ke JIS.

“Progres pembangunan peron kereta di sisi utara, sudah selesai. Kami akan lanjutkan dengan pem­bangunan JPO untuk connecting ke sisi selatan, sehingga penumpang dapat masuk dari pintu timur ke area JIS,” terangnya.

Baca juga : Penurunan Harga Pakaian Dan Transportasi Picu Deflasi Di Ibu Kota

Pihaknya juga akan menambah kantong parkir. Salah satunya di lokasi Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter. Lokasi proyek pengolahan sampah yang mangkrak itu berada di sisi barat stadion.

“Luas lahannya sekitar 5.000 meter persegi. Semua lahan ITF akan digunakan untuk lokasi parkir,” kata Syafrin.

Selain ITF, lanjutnya, lahan bekas permukiman Kampung Bambu rencananya juga akan digunakan untuk menjadi tempat parkir.

PTJakpro, pengelola JIS juga akan menambah lahan parkir. Lokasinya dekat karnaval Ancol. Lahan parkir ini dapat menam­pung 1.000 kendaraan. “Kan nanti ada jembatan penyeberangan yang langsung ke parkiran di sisi timur Ancol,” kata Direktur Utama PTJakpro Iwan Takwin.

Baca juga : Diingatkan Mantan Napiter, Awas! Teroris Berkeliaran Di Dunia Maya

Dengan begitu, dia berharap tidak ada lagi parkir liar di seki­tar JIS. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.