Dark/Light Mode

Bakal Dimasukkan Dalam Pasal Khusus Di Raperda

EBT Jadi Solusi Atasi Kualitas Udara Di DKI

Minggu, 9 Juli 2023 07:30 WIB
Anggota Bapemperda Ismail. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Anggota Bapemperda Ismail. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Dia mengungkapkan, program unggulan di bidang EBT sedang berjalan. Contohnya, penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS sebagai sumber EBT telah menjadi pilihan en­ergi unggulan pertama pengganti energi berbasis fosil di Jakarta. Apalagi, Jakarta memenuhi syarat sebagai daerah dengan potensi menjadikan cahaya matahari se­bagai sumber energi listrik.

Menurut Hari, Jakarta termasuk daerah yang minimal terkena cahaya matahari empat jam per hari. Kondisi ini menunjang peng­gunaan energi listrik tenaga surya.

Baca juga : Hingga 2022, OJK Tuntaskan 99 Perkara Kasus Di Sektor Jasa Keuangan

Karena itu, pihaknya sudah mempraktekkan membangun PLTS di setiap gedung pemerintahan. Hasilnya, selain ramah lingkungan, PLTS mengurangi biaya pemakaian listrik di gedung-gedung.

“Makanya kita prioritaskan dan itu sudah menjadi road­map kita ke depan. Contohnya, tahun ini kita buat di 20 gedung pemerintahan,” ucapnya.

Baca juga : Soal Beras Dan Pangan, Mendag Zulhas Bicara Stimulus Atasi Masalahnya

Potensi Hydropower

Pakar Geologi Teknik dan Hi­drogeologi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arya Pranantya mengatakan, Jakarta sejatinya punya potensi mengembangkan hydropower sebagai salah satu EBT lantaran dialiri sungai Ciliwung.

Baca juga : Coca-Cola Luncurkan Kemasan Khusus Versi Piala Dunia Qatar 2022

Namun, potensi itu tidak bisa dimaksimalkan karena tidak memenuhi dua syarat. Yakni, stabilitas debit air dan ketinggian tekanan air untuk menghasil­kan energi. Sedangkan, 40 persen wilayah Jakarta itu berada di wilayah low land (dataran rendah).

Dijelaskan Arya, debit air Cili­wung yang sekarang bisa dipakai cuma sekitar 0,73 meter kubik (m3) per detik atau 730 liter per detik. Dengan debit tersebut, dibu­tuhkan ketinggian 18 meter untuk mencapai ketinggian tekanan air.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.