Dark/Light Mode

Kurangi Polusi Jakarta, PLN Dan Aismoli Gelar Konvoi 200 Motor Listrik

Minggu, 13 Agustus 2023 16:09 WIB
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi memimpin konvoi motor listrik dengan titik start dari kantor PLN UID Jakarta Raya
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi memimpin konvoi motor listrik dengan titik start dari kantor PLN UID Jakarta Raya

RM.id  Rakyat Merdeka - Semarakan Hari Kemerdekaan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya ikuti konvoi motor listrik bersama Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) dengan tema Fun Ride Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kampanye untuk wujudkan Jakarta merdeka dari polusi. Konvoi motor listrik diikuti lebih dari 200 pengendara motor listrik dan dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya pada Minggu (13/8).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini terjadi pencemaran udara yang masif, dimana kontribusi kendaraan bermotor lebih dari 50 persen. Namun dirinya mengaku bersyukur masyarakat mau terlibat untuk mengadakan kegiatan konvoi seperti ini dengan sukarela, sebagai salah satu bentuk sosialisasi.

“Saya mengapresiasi, kita sudah melakukan langkah yang baik, di lingkungan kita, untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060. Semoga EV riding ini menjadi masif, sehingga dapat menurunkan polusi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya.

Baca juga : Pengguna Terus Meningkat, Program Konversi Motor Listrik Hadir Di Surabaya

Ketua Aismoli Irjen Pol. (Purn) Budi Setiyadi saat membuka acara konvoi menerangkan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah atas dukungannya untuk pengembangan Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia. Aismoli hadir dalam kegiatan konvoi motor listrik sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami juga akan bekerja sama dengan PLN untuk mengedukasi masyarakat tentang penggunaan kendaraan listrik. Kegiatan konvoi ini digelar sebagai bentuk inisiasi untuk menyadarkan masyarakat untuk beralih ke sepeda motor listrik. Terlebih saat ini, polusi di Jakarta sudah semakin tidak baik,” ungkap Budi.

Konvoi motor listrik ini juga diikuti Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Direktur Jenderal Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Koordinator Pokja Penerapan Teknologi Konversi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia, serta jajaran manajemen PLN UID Jakarta Raya.

Baca juga : Kurangi Emisi, Toyota Pamer Mobil Listrik Dan Hybrid Di GIIAS

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran menyatakan, dukungan PLN dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan juga upaya mencapai netral karbon pada tahun 2060. 

“Sudah banyak kerjasama PLN terkait kendaraan listrik diantaranya penyediaan SPKLU, SPLU, SPBKLU, maupun kampanye penggunaan kendaraan listrik seperti yang hari ini kita laksanakan melalui fun ride. Selain bentuk pengurangan polusi udara, kendaraan listrik juga sebagai upaya dukungan kepada pemerintah dalam mencapai netral karbon pada tahun 2060,” ucap Lasiran.

Lasiran bilang, untuk menyambut era kendaran listrik serta dukungan PLN untuk menurunkan angka emisi di Jakarta, saat ini di Jakarta telah terdapat 40 lokasi SPKLU yang terdiri dari 64 charger. Tahun 2023 akan ada penambahan 13 SPKLU tersebar di beberapa lokasi. Total SPLU di Jakarta sampai saat ini yaitu 3.256 buah. SPBKLU di Jakarta tersebar di 245 lokasi dengan total 290 kabinet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.