Dark/Light Mode

Pj. Gubernur Heru Pamerkan MRT Jakarta Lewat Jakarta Half Marathon

Minggu, 20 Agustus 2023 18:41 WIB
Ribuan pelari telah bersiap mengikuti dan meraih prestasi di gelaran olahraga prestisius, Jakarta Half Marathon JHM 2023, di Silang Tenggara Monumen Nasional, Minggu (20/8). (Foto: Ist)
Ribuan pelari telah bersiap mengikuti dan meraih prestasi di gelaran olahraga prestisius, Jakarta Half Marathon JHM 2023, di Silang Tenggara Monumen Nasional, Minggu (20/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana riang dan bersemangat menghiasi Jakarta pagi ini. Ribuan pelari telah bersiap mengikuti dan meraih prestasi di gelaran olahraga prestisius, Jakarta Half Marathon (JHM) 2023, di Silang Tenggara Monumen Nasional, Minggu (20/8). Acara ini dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Pj. Gubernur Heru menyampaikan, JHM 2023 ini memiliki keistimewaan karena digelar dalam rangka mendukung “Keketuaan Indonesia ASEAN 2023” dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Gelaran ini menjembatani pelari dari berbagai kalangan untuk berkompetisi dan merasakan kemajuan dari Intelligent Transport System (ITS) di DKI Jakarta.

Lebih dari 9.700 peserta mengikuti JHM 2023 dalam berbagai kategori, yakni 5K, 10K, dan 21K. Dari setiap kategori tersebut, 5K menjadi yang paling banyak diikuti oleh peserta sebanyak 4.500 pelari. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas dukungan utama dari BUMD DKI Jakarta, yakni PT MRT Jakarta dan Bank DKI.

Baca juga : Gardu Ganjar Meriahkan Pelaksanaan Pesta Laut Carita Di Banten

"Partisipasi yang luar biasa ini tidak hanya membangkitkan semangat berlari, tetapi juga memberikan semangat kami di jajaran Pemprov DKI dalam mempromosikan Jakarta dan MRT sebagai salah satu moda transportasi umum di Jakarta yang nyaman dan aman,” kata Pj. Gubernur Heru.

Melihat antusiasme warga mengikuti olahraga lari, Pj. Gubernur Heru mengumumkan akan ada rencana gelaran olahraga dalam waktu dekat yang merupakan sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kegiatan maraton akan berlanjut dengan kerja sama antara Pemprov DKI dan BUMN pada Oktober, yang rencananya berupa kategori Full Marathon. Bapak Menteri Perhubungan juga menyarankan agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali, tetapi terus dilanjutkan ke depannya,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Banjir Di Ibu Kota Jakarta Bakal Berkurang

Senada dengan Pj. Gubernur Heru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga merasakan semangat dan antusiasme peserta yang sangat luar biasa. Menurutnya, hal ini dapat menjadi pertimbangan agar kegiatan olahraga seperti ini dapat digelar rutin oleh Pemprov DKI Jakarta. 

"Antusiasme dan semangat peserta ini membuktikan bahwa kegiatan olahraga lari ini diminati oleh masyarakat. Saya rasa ini bisa menjadi acara rutin, bukan hanya setahun sekali, tapi bisa beberapa kali,” ucap Menhub Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Andriansyah menambahkan, JHM dapat menjadi peluang bagi warga Jakarta untuk menyalurkan hobi berlari, bersaing, dan meraih prestasi dengan pelari nasional dan internasional. JHM adalah acara lomba lari yang telah mendapatkan Sertifikat Pengukuran Internasional (International Measurement Certificate) dari World Athletics bekerja sama dengan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS). 

Baca juga : Kowarteg Ganjar Kenalkan Cita Rasa Nusantara Lewat Pembuatan Kue Sentiling 

“Ini menjadi bukti keunggulan acara ini dalam skala nasional maupun internasional. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan kebanggaan terhadap gelaran ini, kami bersinergi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemprov DKI, telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk memperoleh Hak Intelektual (HAKI) Jakarta Half Marathon,” jelasnya.

Dalam mewujudkan gelaran JHM 2023 ini, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan tim panitia (PT MRT Jakarta, Intelligent Transport System, Royalindo, dan Idea Run) telah mempersiapkan segala logistik dengan cermat. Sebanyak 9 water station, 8 ambulans, 2 sprinkle water, 110 marshal, 300 marshal statis, 1.200 polisi, 544 Satpol PP, 155 Petugas Dinas Perhubungan, 46 Tim Nakes DKI, 24 Tim Nakes Idearun, dan berbagai rujukan rumah sakit juga memberikan dukungannya. Selain itu, pengoperasian MRT dan Trans Jakarta dipercepat menjadi jam 03.00 WIB untuk kenyamanan para peserta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.