Dark/Light Mode

Tangkal Paham Radikalisme

Calon Rektor UI Tawarkan Mata Kuliah ALIVE Project

Sabtu, 21 September 2019 18:58 WIB
Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Budi Wiweko. (Istimewa)
Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Budi Wiweko. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Radikalisme dan intoleransi dinilai sebagai paham yang bisa mengganggu ketenangan dalam bernegara. Tak sedikit mahasiswa dianggap mudah terpapar paham tersebut.

Lingkungan kampus bisa mencegah paham tersebut dengan pendekatan yang edukatif terhadap mahasiswanya. Hal itu dikatakan oleh Calon Rektor UI 2019-2024, Prof. Budi Wiweko.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini, langkah jitu mencegah paham radikalisme sangat bisa dicegah dengan cara edukatif.

Baca juga : Celaka, 3 Persen TNI Nolak Pancasila

Dia mengaku telah merancang formula untuk menangkal paham radikalisme dan intoleransi.  Paham tersebut bisa dicegah melalui materi edukasi lingkungan kampus. 

"Nanti mahasiswa kita ajak memahami sejarah penyebaran agama, budaya bangsa, nilai nilai 4 konsensus dasar bangsa melalui seni budaya dan olahraga, serta inspirasi-inspirasi dari Diaspora untuk membentuk karakter mahasiswa UI sebagai calon pemimpin bangsa," katanya dalam paparan calon Rektor di depan para pakar dan MWA UI, kemarin.

Tujuan materi mata kuliah ALIVE Project  selain untuk mencegah radikalisme juga meningkatkan kesadaran mahasiswa akan rasa cinta berbangsa, berbudaya, dan tanah air Indonesia. 

Baca juga : Akibat Kabut Asap, Jarak Pandang di Sumbar Cuma 3 Km

Dalam paparannya, Budi Wiweko yang akrab disapa Iko juga menjelaskan ALIVE merupakan kepanjangan dari Art, Leadership, Innovative, Value Creation dan Empathy, sehingga diharapkan mahasiswa UI ke depan akan menjadi mahasiswa yang unggul, berkarakter pemimpin, inklusif, dan mencintai budaya Indonesia. 

"ALIVE Project akan dimulai dari semester awal dan nanti mahasiswa akan kita beri tugas untuk pertunjukan seni budaya yang akan memperebutkan Piala Rektor," ujar dosen Fakultas Kedokteran UI ini.

Iko yang menawarkan tagline UI sebagai Inspirasi Indonesia menjelaskan bahwa program yang inovatif ini, bibit bibit paham radikalisme dan intoleransi pada mahasiswa akan berkurang dan muncul rasa bangga terhadap NKRI.

Baca juga : Wujudkan Kesehatan Ibu dan Anak, PPI Terus Lakukan Penyuluhan

Inovasi UI ALIVE Project ini juga merupakan bagian dari pengembangan kemampuan soft skill mahasiswa yang sangat diperlukan bagi calon pemimpin bangsa ini ke depan. 

Sekadar info, Iko saat ini menjabat Ketua Komisi Penelitian Dewan Guru Besar Fakultas Kedokteran UI. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.