Dark/Light Mode

Hemat Pengeluaran Biaya Transportasi

Naik LRT Kurangi Beban Hidup Lho

Rabu, 30 Agustus 2023 07:30 WIB
Undangan menaiki kereta LRT Jabodebek usai diresmikan Presiden Joko Widodo di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023). Kereta api ringan LRT Jabodebek resmi beroperasi dengan tarif sebulan pertama operasional sebesar Rp5.000 per orang untuk perjalanan jauh maupun dekat. (Foto: Antara)
Undangan menaiki kereta LRT Jabodebek usai diresmikan Presiden Joko Widodo di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023). Kereta api ringan LRT Jabodebek resmi beroperasi dengan tarif sebulan pertama operasional sebesar Rp5.000 per orang untuk perjalanan jauh maupun dekat. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengguna mobil pribadi sudah saatnya mempertimbangkan menggunakan LRT (Light Rail Transit) Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) untuk berangkat dan pulang kerja. Sebab, hasil riset menyebutkan, beralih memakai transportasi tersebut cukup signifikan menekan biaya hidup.

LRT Jabodebek sudah resmi beroperasi dan diharapkan men­jadi salah satu solusi mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Saat beroperasi penuh nanti, bakal ada 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dalam satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Baca juga : Pertengkaran NU Dan PKB Tak Kunjung Berakhir

Total ada sebanyak 31 train­set (rangkaian kereta) akan disiapkan, dengan rincian 27 trainset untuk operasional dan 4 trainset sebagai cadangan. Setiap trainset, LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Sta­siun-stasiun tersebut adalah Sta­siun Dukuh Atas, Setiabudi, Ra­suna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ci­racas, Harjamukti, Halim, Jatibe­ning Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat dan Jati Mulya.

Baca juga : 3 Alasan Perlunya Gunakan Kursi Bar di Rumah

“Nantinya saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB, dengan 2 line perjalanan, yaitu Line Cibubur yang melewati Sta­siun Dukuh Atas-Cawang-Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Stasiun Jatimulya/pp,“ jelas EVP of Cor­porate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan tertulis, kemarin.

Pembayaran naik LRT meng­gunakan sistem cashless. Penumpang bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA dan Bank DKI Ja­karta), Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI PAY.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.