Dark/Light Mode

70.500 Liter Air Disemprotkan Untuk Modifikasi Cuaca Di Langit Jakarta

Selasa, 12 September 2023 14:54 WIB
Pesawat membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta. (Foto: Ist)
Pesawat membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 70.500 liter air disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta sebagai upaya pemerintah untuk memodifikasi cuaca di langit Jakarta.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah ibukota Jakarta.

Salah satunya dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying menggunakan dua pesawat Cesna. 

Baca juga : BRI Tebar 15.000 Paket Sembako Untuk Yayasan Kemala Bhayangkari

"Upaya ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama BRIN, BMKG, TNI dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta," kata Muhari dalam pernyataannya, Selasa (12/9).

Operasi ini yang telah dilaksanakan sejak Senin (4/9) hingga Senin (11/9) dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit.

Pesawat membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Pamerkan MRT Jakarta Lewat Jakarta Half Marathon

Dalam satu hari, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Upaya tersebut mulai memberikan dampak yang signifikan dimana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com, sehingga langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih.

"BNPB akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta hingga beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.