Dark/Light Mode

74,7 Persen Akibat Korsleting Listrik

Ngeri, Si Jago Merah Ngamuk 4 Kali Sehari

Jumat, 22 September 2023 07:30 WIB
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji bersama seorang petugas PLN sedang memeriksa instalasi listrik sebuah rumah di Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (21/9/2023). (Foto: Antara)
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji bersama seorang petugas PLN sedang memeriksa instalasi listrik sebuah rumah di Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (21/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebakaran menjadi musibah paling sering terjadi di Jakarta. Dalam sehari bisa terjadi empat kali kebakaran di lokasi berbeda. Mayoritas penyebabnya akibat korsleting listrik.

Selama Januari-Agustus 2023 sudah terjadi 1.277 kebakaran di Ibu Kota. Rabu (20/9), terjadi kebakaran di dua titik berbeda. Yakni, empat rumah hangus di Jalan Panca Warga IV RT 005/03 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Operasi Suku Di­nas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulae­man mengatakan, berdasarkan informasi dan hasil penyidikan sementara diketahui bahwa awal kebakaran bermula dari percikan api yang muncul tiba-tiba di satu rumah yang kosong ditinggal pemiliknya.

Baca juga : Diduga Akibat Konsleting Listrik, 4 Rumah Di Cipinang Besar Ludes Terbakar

Selanjutnya, percikan api itu membesar dan merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

“Diduga kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik. Saat kejadian rumah sedang kosong ditinggal pemilik,” ujar Gatot.

Kejadian kedua, kebakaran menghanguskan empat rumah di Tegal Alur. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 300 juta. Lurah Tegal Alur, Dwi Kurniasih mengungkapkan, informasi kebakaran di tepi Kali Semongo tersebut terjadi pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga : Panas Ekstrem Memicu Si Jago Merah Ngamuk

Untuk memadamkan kobaran api, pihak Sudin Gulkarmat Jakarta Barat mengerahkan sebanyak enam unit mobil pe­madam kebakaran berikut 30 personelnya.

“Empat rumah yang terbakar semi permanen dan permanen berlantai dua milik warga,” ujar Dwi.

Petugas berhasil memadam­kan si jago merah pada pukul 14.11 WIB. Kebakaran ini juga diduga akibat korsleting listrik yang terjadi di salah satu rumah warga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.