Dark/Light Mode

Sejak Januari Ratusan Rumah Hangus, 49 Orang Tewas

Panas Ekstrem Memicu Si Jago Merah Ngamuk

Selasa, 29 Agustus 2023 07:30 WIB
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji. (Foto: Instagram @isnawa_adji)
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji. (Foto: Instagram @isnawa_adji)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan sepanjang tahun ini sudah terjadi 489 kebakaran atau rata-rata terjadi 1,5 kali peristiwa kebakaran di Ibu Kota. Peristiwa ini menyebabkan 49 orang meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji merinci, Jakarta Timur menjadi wilayah terbanyak dengan 126 kebakaran. Lalu, Jakarta Barat 112 terjadi di kebakaran.

Selanjutnya, Jakarta Utara 95 kebakaran, Jakarta Selatan 92 kebakaran, Jakarta Pusat 61 ke­bakaran dan Kepulauan Seribu 3 kebakaran.

Baca juga : Maguire Diobral Setan Merah

“Penyebab kebakaran, yakni 347 akibat korsleting listrik, 60 disebabkan tabung gas dan 18 kebakaran terjadi karena pemba­karan sampah,” ungkap Isnawa di Jakarta, kemarin.

Peristiwa teranyar terjadi Minggu (28/8) di Jalan Kedon­dongan Raya, Rukun Warga (RW) 06 Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kejadian pukul 02.30 dini hari itu menghanguskan tiga rumah kontrakan. Akibat kebakaran yang diduga dipicu korsleting listrik ini, satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak balita meninggal dunia.

Baca juga : Kejaksaan Gunakan Ruang Publik Sebagai Sarana Introspeksi Tangani Perkara

Empat jam kemudian atau sekitar pukul 06.27 WIB, keba­karan menghanguskan tiga ru­mah semi permanen di Jalan In­speksi Kirana RT 06/09, Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur. Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur mengerahkan 11 unit mobil pemadam dan 44 personel untuk memadamkan api.

Berselang tiga jam atau sekitar pukul 09.15 WIB, si jago merah melahap ruko tempat usaha fo­tocopy dan percetakan di Jalan Waru RT 05/07, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Gulkarmat Jakarta Timur pun mengerahkan 14 unit mobil pemadam dan 70 personel untuk menjinakkan api.

Untuk mencegah kebakaran, Isnawa bilang pihaknya akan menggandeng pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan instalasi listrik. Di antaranya, PLN, Dinas Gulkarmat dan Satpol PP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.