Dark/Light Mode

Gawat, 20 Ribu Anak Kekurangan Gizi

Atasi Stunting Di DKI Butuh Tenaga Ekstra

Rabu, 11 Oktober 2023 07:30 WIB
Peserta menggendong bayinya saat mengikuti edukasi pencegahan stunting. (Foto: Antara)
Peserta menggendong bayinya saat mengikuti edukasi pencegahan stunting. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus stunting (gizi buruk) di Ibu Kota masih tinggi. Saat ini tercatat ada 20 ribu anak mengalami kurang gizi akut. Untuk mengatasinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta didesak melakukan upaya esktra alias langkah masif.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Rasyidi HY mengaku sering mendapat aduan masalah stunting. Disebutkannya, di daer­ah Bambu Apus, Jakarta Timur, terdapat tiga anak menderita stunting. Kemudian, di Cibubur ada dua kasus stunting.

Baca juga : Usai KTT ASEAN, Menteri Basuki Lepas Kepulangan PM Li Qiang Di Bandara Soetta

“Mereka mencari dana untuk perbaikan gizi ke lurah dan ka­langan mampu. Kalau mereka punya dana, mungkin anaknya nggak alami stunting,” kata politisi PDIP ini saat interupsi di Rapat Paripurna terkait Pe­nyampaian pidato Pj Gubernur DKI Jakarta tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

Karena itu, diingatkan Ra­syidi, Jakarta memiliki anggaran atasi stunting di APBD Perubahan. Dia mendesak Pemprov DKI Jakarta segera mencairkan dana itu.

Baca juga : Warga Ciherang Tak Lagi Kekurangan Air Bersih Usai Dibantu AQUA Bangun Sumur Bor

“Saya mohon kepada Pj Gu­bernur DKI supaya segera dike­luarkan dana stunting itu. Kalau bisa bulan November sudah bisa dikeluarkan, supaya kita mem­bantu masyarakat,” pintanya.

Rasyidi yakin, dengan pen­cairan anggaran tersebut akan membantu masyarakat mengatasi stunting di Jakarta yang sampai saat ini masih diangkat 14,2 persen.

Baca juga : Vinicius Jr Cedera, El Real Kekurangan Stok Gelandang Tengah

“Angka kasus stunting di Ja­karta harus 0 persen, Pak Jokowi juga minta demikian, pak Guber­nur juga sama,” tandasnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menga­takan, pihaknya berkomitmen untuk menurunkan prevalensi stunting di Jakarta. Pada Jumat (6/10), Heru hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Apresiasi dan Komitmen Nyata Percepatan Penurunan Stunting yang dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin di Istana Wapres, Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.