Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kompetisi Nasional Media 2019

Hari Ini, Pemenangnya Diumumkan

Kamis, 10 Oktober 2019 09:12 WIB
Para juri Kompetisi Nasional Media 2019 saat sedang melakukan penilaian materi lomba. (Foto: Panitia KNM 2019).
Para juri Kompetisi Nasional Media 2019 saat sedang melakukan penilaian materi lomba. (Foto: Panitia KNM 2019).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Kompetisi Nasional Media 2019 yang diselenggarakan Jurnalisme Profesional untuk Bangsa, mencapai puncaknya.

Pada pukul 19.00 WiB di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, para pemenang lomba yang memperebutkan Piala Presiden ini, akan diumumkan. Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir dan langsung memberikan pialanya.

Kompetisi ini dibuka sejak empat bulan lalu. Namanya, Piala Presiden Kompetisi Nasional Media. Kompetisi yang dimulai tahun ini mengambil tema “Cepat Majulah Bangsaku!”.

Kompetisi ini memberikan penghargaan atas karya jurnalistik yang berkaitan dengan berbagai tantangan yang dihadapi bangsa.

Baca juga : Jonan: Setrum Tumbuh Hampir 40 Persen Dalam 5 Tahun

Sejumlah kategori dilombakan. Seperti karya jurnalistik untuk media cetak, media online, elektronik, dan radio. Juga untuk artikel opini dan tajuk rencana.

Panitia berkeliling ke daerah menyosialisasikan kompetisi ini. Di mulai di Jakarta, dilanjutkan ke lima kota besar: Medan, Semarang, Surabaya, Bali, dan Manado.

Direktur Pelaksana, Agus Sudibyo mengatakan, penyerahan Piala Presiden akan dihelat dalam acara bertajuk Malam anugerah Piala Presiden.

Selain Presiden Jokowi, akan hadir juga Ketua Dewan Pers, M. Nuh; Menkominfo Rudiantara; Ketua Pelaksana, Margiono; dan para tokoh pers.

Baca juga : Festival Pemuda 2019, Jawaban Kegelisahan Pemuda

“Presiden Jokowi yang akan menyerahkan Piala kepada para pemenang,” kata Agus, kemarin. Agus mengatakan, kegiatan ini menghasilkan dua buku.

Satu dari hasil diskusi. Satunya lagi kompilasi karya jurnalistik nominator pemenang lomba. Ada pun tema yang dilombakan ada lima.

Yakni Persatuan dan Kerukunan Bangsa, Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Berkesejahteraan Sosial, Pengembangan Industri Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital, Pendidikan dan Pengembangan SDM di Era 4.0, dan Pariwisata Sebagai Sektor Utama Ekonomi Nasional.

Untuk kategori kompetisi ada sembilan. Di antaranya, karya jurnalistik media cetak/siber nasional, karya jurnalistik media cetak/siber nusantara, karya jurnalistik televisi short story, karya jurnalistik televisi long story, dan karya jurnalistik radio.

Baca juga : Pekan Kebudayaan Nasional 2019 Sarat Pesan untuk Anak Muda

Agus mengatakan, tujuan Piala Presiden ini adalah memberikan masukan ke pemerintah melalui karya jurnalistik dari berbagai daerah.

Ajang ini juga untuk menyerap berbagai masukan untuk mempercepat kemajuan Indonesia. Karya jurnalistik yang kritis, tapi memberikan solusi. Bukan cuma kritik yang nyinyir atau puja-puji. Intinya bersifat konstuktif atau membangun.

“Kami ingin karya jurnalistik bukan sekadar mengritik, tapi dapat mem bantu menyelesaikan persoalan. Mumpung pemerintahan JokowiMa’ruf masih awal, kita bekali mereka de ngan komentar dan masukan-masukan,” paparnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.