Dark/Light Mode

Festival Pemuda 2019, Jawaban Kegelisahan Pemuda

Rabu, 9 Oktober 2019 16:07 WIB
Ketua Penyelenggara Festival Pemuda 2019 Laila Nihayati di Aula Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10). (Foto: Istimewa).
Ketua Penyelenggara Festival Pemuda 2019 Laila Nihayati di Aula Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Pemuda (FP) 2019 kembali diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah. Tagline #TunjukkanKontribusimu# dan isu kepemudaan menjadi tema yang kali ini diangkat. 

"FP hadir sebagai usaha merumuskan jawaban atas kegelisahan pemuda dalam merespon perubahan sosial," kata Ketua Penyelenggara Festival Pemuda 2019 Laila Nihayati di Aula Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10) siang.

Baca juga : Menhan Akan Bagikan Sembako Ke Korban Kerusuhan Wamena

Salah satu kegiatan inti dari FP, lanjut Laila, guna membangun narasi positif di tengah masyarakat bahwa pemuda adalah tulang punggung negara.

 "Kami mengajak pemuda berefleksi tentang peran dan posisi pemuda dalam struktur sosial dan negara. Materi yang disampaikan pun tidak tunggal, melainkan terdiri dari multi disiplin ilmu dan pengalaman," ujarnya.

Baca juga : Ketua DPR Jenguk Mahasiswa Korban Kerusuhan di RS Pelni

Beragam warna keilmuan diterapkan pada FP 2019. Antara lain lokakarya mahasiswa yang merupakan instrumen ekspresif mahasiswa dalam mengaktualisasikan gagasan konstruktif atas berbagai kelebihan, dan kekurangan daerah lokalnya masing-masing. 

Setiap kelompok perwakilan provinsi se-Indonesia diberikan keleluasaan untuk menyampaikan ide dan gagasannya. "Bentuknya proyek proposal yang di dalamnya berisi kelebihan dan kekurangan, rancangan kegiatan, serta implementasi. Lalu lima karya terbaik akan difasilitasi hingga pada tahap aplikasi," jelasnya.

Baca juga : Ketua DPR Pertimbangkan Tunda Pengesahan RUU KUHP

Laila berharap, FP 2019 mampu memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pemuda saat ini dan di masa yang akan datang. 

FP merupakan kegiatan lanjutan yang digagas oleh Harapan Pemuda Indonesia bersama dengan Yayasan Pondok Kasih serta Indonesia Global Compact Network. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.