Dark/Light Mode

Kejahatan Jelang Pemilu Diprediksi Meningkat

CCTV Di Daerah Rawan Cepat Ditambah Dong!

Kamis, 23 November 2023 07:30 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Pantau Tawuran

Untuk mencegah tawuran, Polres Metro Jaksel memasang CCTV di kawasan Manggarai, Tebet, Jaksel. Untuk diketahui, tawuran warga sering terjadi di underpass Manggarai.

“Pemasangan CCTV bertujuan untuk memantau situasi di lokasi dan mengidentifikasi para pelaku jika terjadi aksi tawuran. Ini bersifat pencegahan situasional,” kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi.

Baca juga : Menikmati Literasi di Senja Sungai Hitam Sebangau

Ade Ary merincikan, CCTV di Manggarai dipasang di empat titik yang sering menjadi lokasi berkumpulnya massa tawuran. Dua titik CCTV mengarah ke Jalan Tambak dan Jalan Mang­garai Utara I. Sedangkan dua titik lainnya mengarah ke Maga­zen dan Pasar Rumput.

“Diharapkan dengan terpasangnya CCTV dapat mem­berikan efek jera kepada para pelaku. Kami bisa dengan mu­dah melacak kembali,” ujar Kapolres.

Pakar Kriminologi dari Universitas Budi Luhur, Lucky Nurhadiyanto menyambut baik pemasangan CCTV. Karena, kamera pengawas efektif untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Baca juga : Lestari: Jelang Pemilu 2024, Tingkatkan Kualitas Demokrasi

“Pelaku kejahatan umumnya akan memantau lokasi sebelum beraksi. Sehingga begitu tahu lokasi tersebut ada CCTV, pelaku akan mundur. Tidak jadi melakukan tindak kejahatan,” kata Lucky saat berbincang dengan Rakyat Merdeka.

Semakin banyak CCTV, lanjut Lucky, gerak pelaku kejahatan akan semakin sempit. Sehingga tindak kriminalitas pun akan menurun.

Dia mendorong pemasangan CCTV terus ditambah, terutama di lokasi rawan kejahatan dan kecelakaan.

Baca juga : Benarkan Kabar TB Silalahi Meninggal Dunia, Demokrat Doakan Almarhum Dan Keluarga

Dengan rekaman CCTV, pihak berwajib dapat mengidentifikasi pelaku atau kronologi sebuah peristiwa.

“Jakarta adalah wilayah padat penduduk, aparat keamanan tidak bisa menjangkau semua wilayah. Keberadaan CCTV akan memudahkan kerja aparat keamanan,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 23/11/2023 dengan judul Kejahatan Jelang Pemilu Diprediksi Meningkat, CCTV Di Daerah Rawan Cepat Ditambah Dong!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.