Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sekilas Gambaran Bus Zhongtong Yang Kembali Dioperasikan Transjakarta

Kamis, 17 Oktober 2019 21:12 WIB
Interior Bus Zhongtong milik Transjakarta (Foto: Marula Sardi/RM)
Interior Bus Zhongtong milik Transjakarta (Foto: Marula Sardi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TransJakarta kembali mengoperasikan 59 bus gandeng merk Zhongtong asal China. Pengadaan bus itu didasari kontrak 2013, dan kini dioperasikan atas putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Kamis (17/10), RMco.id menjajal salah satu bus Zhongtong yang beroperasi di Koridor 1 Blok M-Kota. Desain bus ini masih sama dengan buatan 2013. Dengan banyak lekukan sehingga kelihatan kecil. Berbeda dengan bus pabrikan eropa seperti Man, Scania dan Mercedes Benz atau Volvo yang lebih kotak dan terlihat lebih kekinian.

Baca juga : Imbas Penutupan Jalan, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan

Yang membedakan bus ini dari lainnya, yakni cat bersih dan mengkilap. Masuk ke dalam bus, tercium aroma material baru. Pintu terbuka dengan lancar. Pintu yang dirancang lebar, memastikan akses penumpang untuk keluar masuk dengan mudah dan cepat. Ada 37 kursi. Pada kabin depan khusus perempuan.

Bagian paling depan dekat sopir, ada empat kursi. Kiri-kanan masing-masing dua saling berhadap-hadapan. Masih di kabin khusus perempuan, bagian tengah ada 14 kursi bersaf. Masing-masing dua kiri dan kanan, dipisahkan oleh lorong sempit. Ada satu kursi khusus untuk penyandang disabilitas.

Baca juga : Sandiaga Uno Akhirnya Kembali ke Pangkuan Gerindra

Di kabin umum, ada 21 kursi. Lima kursi paling belakang dan sisanya berposisi menyamping kiri-kanan. Berbeda dengan bus pabrikan Eropa, kursi terasa sempit. Walaupun berkapasitas empat, tapi harus sangat berdesak-desakan.

Fasilitas lain yang disediakan bus ini adalah empat buah LCD merk Changyu dan tiga buah CCTV. Bus ini merupakan model Zhongtong 6180GC City Bus (BRT).

Baca juga : Soal Penusukan, DPR Sayangkan Masih Ada Yang Nyinyirin Wiranto

Mengutip laman resmi Zhongtong Bus, bus gandeng ini punya panjang total 18 meter. Dengan dimensi yang panjang tersebut, bus Zhongtong mampu mengangkut penumpang total hingga 175 orang.

Selain 37 kursi, disediakan pegangan untuk penumpang yang berdiri. Namun, pegangan yang disediakan sangat kecil. Ini berbeda dengan pegangan yang ada di bus-bus yang lebih dulu ada. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.