Dark/Light Mode

Atasi Banjir dan Macet, 19 Jembatan di Kota Tangerang Ditinggikan

Sabtu, 19 Oktober 2019 16:33 WIB
Rancangan peninggian jembatan di Kota Tangerang (Gafis: PUPR Pemkot Tangerang)
Rancangan peninggian jembatan di Kota Tangerang (Gafis: PUPR Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pekerjaan infrastruktur berupa peninggian jembatan di 19 lokasi yang tersebar di 10 kecamatan. Tujuannya adalah untuk mengatasi banjir dan juga memperlancar lalu lintas. Beberapa jembatan juga sudah alami kerusakan sehingga perlu dilakukan penggantian sebab antisipasi terjadinya beban lebih.

Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Jembatan Dinas PUPR, Pemkot Tengerang, Iwan Nursyamsu, mengatakan, untuk yang lokasinya terbatas, pihaknya menggunakan teknologi Corrogated Steel Plate atau Multi Plate Arches (MPA) atau yang dikenal American Roll Material Coorporation (Armco) dalam pembangunan/penggian jembatan. Jembatan yang pekerjaan menggunakan sistem ini seperti dua jembatan di Jalan TMP Taruna dan jembatan di Jalan Ahmad Yani.

Baca juga : Kawal Pelantikan Jokowi, GAMKI: Persoalan Kompleks Negara Harus Segera Dituntaskan

MPA adalah jenis lembaran plate gelombang yang kemudian dirakit sesuai ukuran yang diinginkan. Penggunaan teknologi jenis ini sangat cocok untuk di Kota Tangerang, karena ada beberapa jembatan yang memiliki lahan terbatas.

"Jadi, kita bisa membuat lengkungan sesuai kebutuhan. Maka itu, jembatan agak terlihat tinggi karena konsepnya meminimalisir lahan yang ada," ucap Iwan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (19/10).

Baca juga : Pemerintah Fasilitasi Pemulangan Korban Jembatan Runtuh di Taiwan

Proyek tersebut terbagi dalam tiga wilayah, yaitu di barat, tengah, dan Timur. Di wilayah barat meliputi peninggian Jembatan Jl. H Entong Cikoneng Jatiuwung (panjang 5 meter), pembangunan Jembatan Gandasari Jatiuwung (panjang 15,6 meter), peninggian Jembatan Taman Cibodas (panjang 10 meter), dan pembangunan Jembatan Cemara (10 meter).

Kemudian, di wilayah tengah meliputi peninggian Jembatan Teuku Umar (panjang 4,8 meter), pembangunan Jembatan Maju Karya (panjang 30 meter), pembangunan Jembatan Budiasih (panjang 4 meter), peninggian Jembatan Saluran Irigasi Jl. TMP Taruna (panjang 10 meter), peninggian Jembatan Saluran Irigasi Jl. TMP Taruna (panjang 10 meter), peninggian Jembatan Saluran Irigasi Jl. TMP Taruna (panjang 10 meter), peninggian Jembatan Jl. H. Muja Jurumudi Baru (panjang 13,7 meter), pembangunan Jembatan Maulana Hasanudin Poris (panjang 7 meter), pembangunan Jembatan saluran irigasi Jl H.Kilin RT 01/05 Batu Jaya (panjang 8 meter), dan embangunan Jembatan saluran irigasi Jl H.Kilin RT 05/06 Batu Jaya (panjang 8 meter).

Baca juga : Sandi Bantah Istri Mau Nyalon Wali Kota Tangsel

Sedangkan di wilayah timur meliputi pembangunan Jembatan Alternative Komplek Garuda Cipondoh (panjang 4 meter), peninggian Jembatan Jl. H. Mean Karang Timur (panjang 2,5 meter), dan peninggian Jembatan Jl. Komp Karang Tengah (panjang 8.5 meter). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.