Dark/Light Mode

DKI Akan Bagikan Kartu Pekerja Jakarta

Distribusi Bansos Mesti Lebih Adil Dan Merata

Kamis, 4 Januari 2024 07:30 WIB
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Basri Baco. (Foto: Dok. Istimewa)
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Basri Baco. (Foto: Dok. Istimewa)

 Sebelumnya 
Pemohon membuka rekening di Bank DKI (minimal deposit Rp 50.000). Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta bersama Bank DKI akan mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah ditentukan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta pemberian bantuan KPJ ini dilakukan se­cara adil.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Basri Baco mengatakan, selama ini pembagian KPJ tidak merata. Tidak semua pekerja yang sejatinya layak memperoleh bantuan tersebut, tapi tidak mendapatkannya. Bahkan ada yang gajinya di bawah UMP tidak tersentuh bantuan tersebut.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Distribusi Barang Sesuai Regulasi Kemendag

“Supaya adil dibikin bergilir, kalau memang (kuota KPJ) tidak cukup jangan sampai satu, dua bulan ini, itu-itu saja yang dapat,” kata Baco, Selasa (2/1/2024).

Ketua Fraksi Partai Golkar ini mengungkapkan, ada beberapa kemungkinan mengapa pendis­tribusian KPJ tidak merata. Salah satunya, kuota KPJ yang terbatas.

Karena itu, Baco ini mereko­mendasikan pendistribusian KPJ dilakukan secara bergilir dengan wilayah pembagian yang berbeda. “Supaya adil, kecuali kuotanya berlimpah,” jelasnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Bagikan 2.000 Sertipikat PTSL Dan Redistribusi Tanah Di Cilacap

Usulan Ketua Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) DKI Jakarta ini berka­ca dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2022 ten­tang biaya hidup di Jakarta.

Dari hasil survei diketahui biaya hidup di Jakarta mencapai Rp 14,8 juta per bulan. Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup tinggi di Indonesia. Padahal, Pemprov DKI Jakarta mengu­mumkan UMP DKI Jakarta 2024 sebesar Rp 5.067.381.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 4/1/2024 dengan judul DKI Akan Bagikan Kartu Pekerja Jakarta, Distribusi Bansos Mesti Lebih Adil Dan Merata  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.