Dark/Light Mode

Warga Nggak Tertib Rayakan Tahun Baru

Sampah Berceceran, Taman Kota Rusak...

Jumat, 5 Januari 2024 07:30 WIB
Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menaikan tanaman hias yang rusak ke truk di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2024). Sejumlah tanaman dikawasan tersebut rusak akibat terinjak-injak pada perayaan malam tahun baru 2024. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/Spt)
Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menaikan tanaman hias yang rusak ke truk di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2024). Sejumlah tanaman dikawasan tersebut rusak akibat terinjak-injak pada perayaan malam tahun baru 2024. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/Spt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diharapkan lebih tertib dalam perayaan malam pergantian tahun mendatang. Sebab, pada perayaan Tahun Baru 2024, banyak sampah berceceran dan taman kota yang rusak.

Banyak taman rusak ditemu­kan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Wakil Ketua De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Khoirudin meminta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melakukan evaluasi pelaksanaan Malam Muda Mudi pada malam pergantian tahun agar ke depan masyarakat bisa lebih tertib.

“Kalau menghadirkan banyak orang, ada risiko, pasti taman terinjak. Itu harus diantisipasi oleh Pemerintah Daerah. Perbai­kan taman kan butuh biaya. Itu jangan sampai terjadi lagi,” kata Khoirudin, Rabu (3/1/2024).

Baca juga : Malam Tahun Baru, Pedagang Telur Gulung Girang, Dagangannya Dibeli Jokowi

Selain itu, Khoirudin me­nyoroti aspek kebersihan pada kegiatan tersebut. Menurutnya, setelah perayaan malam Tahun Baru selesai, banyak sampah berceceran.

“Ini tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah perlu me­nyediakan tempat sampah yang memadai dan mudah dijangkau,” ujarnya.

Karena itu, dia mendorong Pemprov DKI untuk selalu mengingatkan dan mengimbau pengunjung yang hadir dalam kegiatan tersebut menjaga ke­bersihan.

Baca juga : Jangan Lupa Vaksin Dan Pake Masker Ya

“Saya lihat, tidak ada tuh pengumuman buanglah sampah pada tempatnya, spanduk, im­bauan, atau audio. Tak ada juga,” tegasnya.

Sementara, Anggota DPRD DKI Muhammad Taufik Zoel­kifli meminta Pemprov DKI memberikan sanksi tegas bagi perusak tanaman.

“Kalau ada yang merusak mestinya dikasih sanksi yang tegas ya. Jangan pandang bulu dan tebang pilih,” kata Taufik.

Baca juga : Warga Antusias Terima Santunan Kerahiman Dampak Sosial Lahan Kampus UII

Taufik menyayangkan warga tidak tertib, merusak fasilitas umum saat merayakan malam Tahun Baru.

Untuk mencegah kejadian se­rupa, dia mengusulkan perayaan malam Tahun Baru digelar di lokasi yang lebih luas dan cukup menampung banyak massa seperti di Plaza Selatan Monas.

“Dua lokasi itu luas dan bisa dipakai,” sarannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.