Dark/Light Mode

Toilet Di Halte Sering Mampet Dan Bau Pesing

Penumpang Transjakarta Tersiksa Nggak Bisa Pipis

Rabu, 7 Februari 2024 07:10 WIB
Toilet di Halte Transjakarta sering kekurangan air bersih. (Foto: Brigitta/detikcom)
Toilet di Halte Transjakarta sering kekurangan air bersih. (Foto: Brigitta/detikcom)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Transjakarta melakukan penandatanganan kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Jaya (PAM Jaya) untuk menyuplai air bersih perpipaan ke seluruh halte. Hal diharapkan bisa meningkatkan layanan terhadap penumpang. Terutama, kenyamanan menggunakan toilet.

Banyak penumpang Transjakarta sering mengeluhkan tidak adanya air bersih di toilet. Kondisi ini membuat mereka kesusahan saat mendesak butuh buang air.

Salah satunya, Yuyun. Perem­puan 35 tahun ini beberapa kali mendapati toilet Halte Balai Kota tidak ada air. Sehingga, dia ter­paksa menahan buang air kecil.

Baca juga : Qatar Vs Iran, Buru Sejarah Manis

“Sangat menyiksa, apalagi kalau kebelet. Padahal saat turun dari bus, saya buru-buru ke toilet,” kata Yuyun di Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

Untungnya, lanjut dia, Halte Balai Kota dekat dengan ka­wasan Monumen Nasional (Mo­nas) yang terdapat fasilitas toilet.

“Bagaimana kalau halte yang jauh dari fasilitas umum? Bi­sa-bisa pipis di celana kita,” ujarnya.

Baca juga : Tenis Mubadala Abu Dhabi Open 2024, Raducanu Kandaskan Bouzkova

Tidak adanya air, lanjut Yuyun, selain menyulitkan penum­pang yang ingin buang air atau berwudhu, juga membuat toilet bau pesing. Karena penumpang yang terpaksa buang air kecil, tidak bisa menyiramnya.

“Bau pesing kadang sampai tercium di ruang tunggu, sangat mengganggu,” keluhnya.

Apa yang dikeluhkan Yuyun dan banyak penumpang lainnya, akan segera teratasi. PT Transjakarta dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Jaya (PAM Jaya) melakukan penandatanganan kerja sama untuk menyuplai air bersih perpipaan di seluruh halte Transjakarta.

Baca juga : Kesalahan Entry Data Minim Rekapitulasi Suara Cepat

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, penyediaan air bersih di Halte Transjakarta untuk mendukung transformasi pelayanan dan upaya menuju 100 persen cakupan pelayanan air bersih untuk warga Jakarta di 2030.

Arief menyebut, saat ini jaringan pipa PAM Jaya telah terpa­sang dan memasok air bersih ke 37 Halte Transjakarta. Sisanya, sebanyak 132 halte lainnya, ma­sih dalam proses pemasangan.

“Kehadiran PAM Jaya pada fasilitas publik, seperti Halte Transjakarta menjadi sangat vital mengingat penumpang saat ini sudah semakin banyak dan fasilitas di beberapa halte sudah sangat berkembang,” kata Arief dalam keterangannya Senin (5/2/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.